Gempa Cianjur

Evakuasi Besar-besaran Korban Gempa Cianjur, Ridwan Kamil Minta Lokasi Bencana Jangan Jadi Tontonan

Selasa (22/11/2022) evakuasi besar-besaran dimulai. Ridwan Kamil: warga yang tak berkepentingan agar tidak menjadikan lokasi bencana sebagai tontonan

Tribun Jabar/ Fauzi Noviandi
Gubernur Ridwan Kamil saat meninjau korban gempa bumi di RSUD Cianjur. Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang memberangkatkan satu tim medis ke Cianjur, semalam, Senin (21/11/2022). Selasa (22/11/2022) evakuasi besar-besaran dimulai. Ridwan Kamil meminta warga yang tak berkepentingan agar tidak menjadikan lokasi bencana sebagai tontonan 

TRIBUNKALTIM.CO - Hari ini, Selasa (22/11/2022) evakuasi besar-besaran korban gempa Cianjur mulai dilakukan dengan melibatkan ratusan relawan.  

Menurut Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, semua tim gabungan akan dikerahkan di kegiatan ini termasuk pengerahan helikopter. 

Kepada warga yang tidak berkepentingan, Ridwan Kamil mengimbau agar tidak menjadikan lokasi kebencanaan sebagai tontonan. 

Senin, (21/11/2022) malam, dalam konferensi pers di Pendopo Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, "Seluruh infrastruktur sudah datang. Evakuasi akan kami mulai Selasa (22/11) pagi, dengan beberapa helikopter dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang siap membantu."

Ridwan Kamil yang biasa disapa Kang Emil ini menyebutkan saat ini telah ada ratusan relawan yang tiba di Kabupaten Cianjur untuk membantu proses evakuasi.

Ridwan Kamil mengatakan, "Relawan tersebut terdiri dari petugas SAR, puluhan paramedis, 30 orang dokter bedah dengan peralatan medis seperti oksigen dan tenda yang memadai." 

Kepada warga masyarakat,  Kang Emil itu mengimbau untuk terus waspada dan tidak panik.

"Gempa susulan tadi mungkin terasa walaupun kecil.

Baca juga: Sesar Cimandiri Apa Itu? Mengenal Penyebab Gempa Cianjur, Ukuran Bidangnya Bisa Puluhan Kilometer

Tolong warga tetap waspada karena hal tersebut mungkin masih punya potensi terjadi di jam-jam berikut atau hari-hari berikut," ujar Kang Emil.

Sementara kepada warga lainnya, Ridwan Kamil juga meminta agar tidak menjadikan lokasi kebencanaan sebagai tontonan. 

"Kepada warga yang tidak berkepentingan mohon tidak menjadikan lokasi kebencanaan sebagai tontonan.

Biarkan para ahli relawan yang ditunjuk untuk bekerja secepat-cepatnya menyelamatkan kemanusiaan," katanya seperti dikutip TribunKaltim.co dari Tribunnews.com di artikel berjudul Hari Ini Evakuasi Skala Besar Korban Gempa Cianjur, Kerahkan Ratusan Relawan dan Helikopter.

Sementara itu, Selasa (22/11/2022)  Kementerian Sosial (Kemensos) memfokuskan diri untuk mendirikan tenda darurat dan menyalurkan makan ke sejumlah titik di Kabupaten Cianjur yang terdampak gempa bumi. 

Menteri Sosial Menteri Sosial Tri Rismaharini saat menyalurkan  sejumlah bantuan di Desa Gasol, Kecamatan Cugenang, Selasa (22/11/2022). "Sementara yang kita antisipasi adanya gempa susulan.

Halaman
123
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved