Berita Kubar Terkini

Gelar Aksi Bergizi di SMAN 3 Sendawar, Puskesmas Sekolaq Darat Ajak Murid Kenali Tablet Tambah Darah

UPT Puskesmas Sekolaq Darat bekerja sama dengan pihak SMA Negeri 3 Sendawar menggelar kegiatan Aksi Bergizi dengan melibatkan seluruh siswa dalam rang

Penulis: Zainul | Editor: Rahmad Taufiq
HO/TRIBUNKALTIM.CO
Kegiatan aksi bergizi melibatkan seluruh siswa di SMA Negeri 3 Sendawar, Kutai Barat, Kamis (24/11/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - UPT Puskesmas Sekolaq Darat bekerja sama dengan pihak SMA Negeri 3 Sendawar, Kabupaten Kutai Barat menggelar kegiatan Aksi Bergizi dengan melibatkan seluruh siswa dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional yang ke-58 sekaligus HUT ke-10 SMA Negeri 3 Sendawar.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan tiga intervensi utama plus, yaitu Sarapan Pagi, Edukasi dan Minum Tablet Tambah Darah pada remaja putri dilanjutkan dengan aktivitas fisik berupa senam bersama.

Selain itu juga ada lomba dance tablet tambah darah yang dilaksanakan di halaman Sekolah SMA Negeri 3 Sendawar, Kecamatan Sekolaq Darat, Kamis (24/11/2022).

Kepala UPT Puskesmas Sekolaq Darat, Martini mengatakan, pelaksanaan Aksi Bergizi ini bertujuan untuk meningkatkan literasi kepada siswa bahwa pentingnya tablet tambah darah, olahraga atau aktivitas fisik serta konsumsi gizi yang seimbang dan juga membudayakan pola hidup yang sehat agar dapat meningkatkan produktivitas anak-anak.

“Kami juga telah berkoordinasi dengan kepala sekolah selaku pimpinan bahwa kegiatan ini akan tetap berkelanjutan dilakukan setiap minggu," katanya.

Baca juga: Walikota Balikpapan dan Istri Ikut Meriahkan Lomba Masak Aksi Bergizi dalam Peringatan HKN ke-58

Dia menjelaskan anemia merupakan salah satu masalah kesehatan masyarakat di Indonesia yang dapat dialami oleh semua kelompok umur mulai dari balita, remaja, ibu hamil sampai lanjut usia, kemudian masih tingginya anemia erat kaitannya dengan kepatuhan konsumsi tablet tambah darah (TDD), khususnya pada remaja putri dan ibu hamil.

"Kegiatan ini diharapkan dapat memotivasi sekolah-sekolah lain untuk ikut melaksanakan kegiatan aksi bergizi secara rutin sebagai bentuk upaya peningkatan gizi remaja serta mencegah anemia pada remaja putri sehingga mendukung pencegahan stunting secara nasional," ujarnya.

Sementara itu, Kepala SMA Negeri 3 Sendawar, Penina Yuliati mengaku sangat mengapresiasi kerja sama yang baik serta dukungan pemerintah daerah melalui Dinas Kesehatan yang diwakilkan oleh UPT Puskesmas Sekolaq Darat ini.

"Bahwa kegiatan seperti ini sangat diperlukan sehingga anak-anak khususnya di Kabupaten Kutai Barat memiliki jiwa yang sehat dengan mendapatkan gizi yang cukup," katanya.

Baca juga: Diikuti 49 Sekolah, Dinas Kesehatan Kota Balikpapan Gelar Aksi Bergizi Secara Serentak

Kegiatan ini, kata dia, akan dilakukan setiap minggu, karena dengan adanya kegiatan ini dapat menumbuhkan serta membentuk karakter siswa untuk bisa saling berbagi dan mempererat kebersamaan.

"Anak-anak juga sangat antusias mengikuti gerakan aksi bergizi ini di mana mereka bisa berbagi dan menjaga pola makan mereka dengan baik, dengan pola hidup sehat jasmani maupun secara rohani,” ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved