Berita Kubar Terkini

47 Perangkat Daerah di Kutai Barat Dilatih Penerapan SIM Gaji Berbasis Web

Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggelar Bimbingan Teknis.

Penulis: Zainul | Editor: Budi Susilo
HO/PEMKAB KUBAR
Para bendahara dari 47 perangkat daerah (PD) yang ada di Kabupaten Kutai Barat (Kubar) mengikuti kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) penggunaan SIM Gaji Berbasis Web di Swiss Belhotel Balikpapan, Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Pemerintah Kabupaten Kutai Barat melalui Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) dan Sosialisasi Penerapan Aplikasi SIM Gaji ASN berbasis Web.

Dalam kegiatan ini menghadirkan langsung narasumber dari PT Taspen Cabang Samarinda, BKPSDM Kubar dan BKAD Kubar.

Kepala Bidang Perbendaharaan, Hj. Ernawati menjelaskan cara kerja daripada Aplikasi SIM Gaji ASN berbasis Web dimana data secara online langsung ditarik ke pusat, sedangkan aplikasi sebelumnya dihentikan karena data masih berbentuk Excel.

" Yang perlu dikirim bagian perbendaharaan ke PT Taspen baru diteruskan ke Pusat namun dengan aplikasi SIM Gaji ASN berbasis Web lebih mempermudah dan data langsung dikirim ke pusat," jelasnya, Minggu (27/11/2022).

Baca juga: Memakai Seraung Terbanyak, Pemkab Kubar Pecahkan Rekor MURI

Bimtek ini sendiri dilaksanakan selama 2 hari di Swiss BelHotel Balikpapan dan diikuti 130 peserta yang terdiri dari Bendahara Pengeluaran dan Operator pembuat daftar gaji dari 47 Perangkat Daerah se Kabupaten Kubar.

Lebih lanjut Ernawati menjelaskan sebelum menggunakan aplikasi SIM Gaji ASN berbasis Web semua penginputan dilakukan di BKAD, namun setelah dilakukan Bimtek dengan mempraktekkan langsung gaji Desember 2022 dan seterusnya ditahun 2023 penginputan gaji dilakukan disatuan perangkat daerah masing-masing, dengan tujuan lebih tertib dan BKAD terus melakukan pendampingan.

"Kedepan juga diharapkan PD bisa mandiri, tidak terikat dengan BKAD, dimana BKAD tetap sebagai koordinator dan terus melakukan pendampingan kepada seluruh PD. Maka dengan adanya Bimtek PD lebih terlatih dan mengetahui cara penginputan," harapnya. 

Seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman kata dia, maka pemerintah daerah juga harus menyesuaikan agar tidak ketinggalan. Melalui inovasi terbaru dari PT Taspen ini, diharapkan dapat membantu pemerintah daerah dalam penerapan aplikasi SIM Gaji berbasis Web.

Baca juga: Nasib Poltek Sendawar Makin Tak Jelas, DPRD Kubar Sarankan Pengelolaan Diambil Alih Pemkab Kubar

“Semoga bukan hanya dalam hal penerapan aplikasi SIM Gaji saja yang mengikuti kemajuan zaman, penerapan yang lain seperti SPJ Online juga bisa diterapkan agar bisa membantu dan mempermudah pekerjaan kita, terutama dalam pengelola keuangan OPD,” tambah Hj Ernawati.

Dalam kesempatan yang sama, Hj Ernawati mengharapkan dengan dilaksanakannya Bimtek dan sosialisasi semoga bisa membantu Kasubag Keuangan, Bendahara pengeluaran maupun pembuat daftar gaji, lebih mudah mengakses dari manapun dan menggunakannya.

Seiring perkembangan zaman segala sesuatu bisa diakses dengan menggunakan teknologi internet, yang bisa diakses kapanpun dan dimanapun.

Sehingga PT Taspen mengambil langkah dengan berusaha agar penerapan aplikasi SIM Gaji berbasis Web dan tidak menggunakan aplikasi desktop lagi,” papar Hj Ernawati. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved