Berita Kukar Terkini

99 Pembudidaya Rumput Laut di Samboja Kukar Terima Bantuan Perahu dan Mesin

Sebanyak 99 perahu beserta mesin kapal diterima untuk pembudidaya rumput laut di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar).

HO/TRIBUNKALTIM.CO
Sebanyak 99 perahu beserta mesin kapal diberikan kepada para pembudidaya rumput laut di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar). 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Sebanyak 99 perahu beserta mesin kapal diterima untuk pembudidaya rumput laut di Kecamatan Samboja, Kutai Kartanegara (Kukar).

Bantuan dari Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara itu diserahkan langsung oleh Wabup Kukar Rendi Solihin di Lapangan Pasar Kuala Samboja.

Rendi menyebut, Pemkab Kukar memang tengah massif memberikan bantuan untuk masyarakat, terutama di sektor pertanian dan perikanan.

"Kali ini giliran kelompok usaha pembudidaya rumput laut yang masuk dalam program 25 ribu bantuan nelayan produktif Kukar Idaman," kata Rendi, Minggu (27/11/2022).

Rumput laut merupakan salah satu hasil produksi yang menjadi produk ekspor unggulan di Indonesia. Sebaran rumput laut tersebut tersebut juga terdapat di Kalimantan Timur, termasuk Kutai Kartanegara.

Baca juga: Enam Kecamatan Pesisir di Kukar Punya Potensi Budidaya Rumput Laut yang Menjanjikan

Saat ini, budidaya rumput laut di Kutai Kartanegara sudah berkembang di daerah pesisir. Samboja telah ditunjuk sebagai sentra budidaya rumput laut, khususnya di desa Kuala dan Tanjung Harapan. 

“Untuk itu, kami Pemkab Kukar sangat mendukung potensi pembudidayaan rumput laut, sebagai bentuk dedikasi program Kukar Idaman,” ujarnya.

Rendi berharap, bantuan perahu beserta mesinnya bisa mendorong peningkatan mobilitas dan produktivitas pembudidaya rumput laut di Kukar.

Dia mengatakan, kapal dan mesin bantuan itu tidak akan menjadi apa-apa, jika tidak digerakkan. Bantuan itu juga tidak akan bisa bertahan lama, jika tidak dapat merawatnya.

Baca juga: Kisah Ibu-Ibu Pengikat Rumput Laut Patungan Beli 2 Ekor Sapi Kurban, Tiap Hari Setor Rp 7.500

“Kami harap bantuan ini bisa dioptimalkan untuk kepentingan yang menguntungkan bagi yang memanfaatkannya,” ucap Rendi Solihin.

Sementara itu, Jupri dari Kelompok Rumput Merah Samboja mengaku senang dan bersyukur atas bantuan yang diberikan Pemkab Kukar.

Menurutnya, bantuan tersebut sangat dibutuhkan para pembudidaya sebagai sarana mengangkut hasil panen rumput laut.

“Perahu lengkap dengan mesinnya ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama untuk mengangkut hasil panen,” ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved