Berita Berau Terkini

Disdik Berupaya Seluruh Anak di Berau Punya Kesempatan Sekolah

Dinas Pendidikan Berau terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana sekolah, termasuk ruang kelas

Penulis: Renata Andini Pengesti | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/RENATA ANDINI
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Berau, Yudi Artangali menegaskan pihaknya akan terus berupaya menjangkau anak hingga seluruh pelosok di Berau, Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Berau, Yudi Artangali menegaskan pihaknya akan terus berupaya menjangkau anak hingga seluruh pelosok di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur.

Sehingga tidak ada lagi anak usia sekolah yang tidak mengenyam pendidikan, Minggu (27/11/2022). 

Yudi menyebut, sebelumnya seperti di Kecamatan Kelay terdapat data beberapa anak yang tidak bersekolah.

Dinas Pendidikan Berau terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana sekolah, termasuk ruang kelas.

Baca juga: Dinas Pendidikan Berau Akui Masih Banyak SMP dengan Kondisi Fasilitas Seadanya

Hal ini cukup untuk menampung anak didik di sekitar sekolah, khususnya yang berada di daerah perkampungan.

"Kita akan terus penuhi sarana dan prasarananya demi peningkatan fasilitas di sekolah. Jadi, tidak ada lagi alasan untuk anak-anak yang tidak sekolah," ucapnya kepada TribunKaltim.co.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kualitas sarana dan prasarana sekolah yang berada di daerah kepulauan seperti di Pulau Maratua saat ini kondisinya sudah lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Perubahan skema penerimaan menjadi sistem zonasi diakuinya menjadi kendala dalam penerimaan peserta didik, khususnya di Kecamatan Tanjung Redeb sehingga ada kasus beberapa anak yang tidak dapat tertampung oleh pihak sekolah.

“Namun dengan upaya kita menambah ruang kelas di sejumlah sekolah, kita harap pemerataan kualitas pendidikan menjadi tercapai," jelasnya.

Baca juga: WhatsApp Guru dan Orangtua Soal Anak Didik Tetap Harus Santun

Ia menambahkan, pihaknya sangat mendukung program bupati Berau dalam memberikan seribu laptop pada guru hingga pemberian beasiswa pada murid untuk memenuhi standar minimum pelayanan pendidikan di Bumi Batiwakkal.

“Menjadi prioritas utama kami dalam mendukung program Bupati Berau dalam meningkatkan kualitas pendidikan untuk anak didik dan hampir 100 persen mendekati ketiadaan anak didik yang tidak sekolah," tandasnya.

Menurutnya, pemerataan kualitas pendidikan di Kalimantan Timur saat ini masih menjadi Pekerjaan Rumah (PR) yang pihaknya harus segera selesaikan.

Disebutkan Yudi sesuai dengan arahan provinsi, pihaknya memprioritaskan sekolah yang berada di pedalaman.

Juga telah membuat skema peningkatan sekolah melalui pembangunan ruang belajar, laboratorium, hingga pengadaan meja dan kursi.

"Dari provinsi memang ada program yakni membagikan 31 kendaraan operasional untuk sekolah yang berada di kawasan Terdepan, Terpencil, dan Tertinggal (3T),” tutupnya. (*)

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved