Berita Kukar Terkini

3 Jenis Kredit Kukar Idaman, PKL Bisa Ajukan Pinjaman via Bankaltimtara

Biaya provisi serta administrasinya pun hanya 5 persen. Ini sudah mencakup biaya asuransi yang dibayar saat pertama pencairan Kredit Kukar Idaman

Penulis: Miftah Aulia Anggraini | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA
Ilustrasi Pedagang Kaki Lima (PKL) yang berjualan di Taman Kota Raja, Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Mereka bisa menikmati Kredit Kukar Idaman untuk menambah modal usaha. 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Kredit Kukar Idaman yang disiapkan Pemkab Kutai Kartanegara menjadi dambaan masyarakat Kabupaten Kukar, Provinsi Kalimantan Timur.

Program ini dinilai cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, program Kredit Kukar Idaman menawarkan suku bunga 0 persen.

Biaya provisi serta administrasinya pun hanya 5 persen. Ini sudah mencakup biaya asuransi yang dibayar saat pertama pencairan Kredit Kukar Idaman.

Para pejabat daerah seperti camat, kepala desa, dan lurah diminta agar dapat membantu menyebarluaskan program ini.

Baca juga: 5 Syarat Pengajuan Kredit Kukar Idaman, Suku Bunga 0 Persen

Demikian dipaparkan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (DiskopUKM) Kukar, Tajuddin, Senin (28/11/2022). 

Dia mengatakan program Kredit Kukar Idaman bekerjasama langsung dengan Bankaltimtara.

Namun, program ini belum berjalan optimal. Kendalanya berkaitan dengan zonasi wilayah Bankaltimtara di Kecamatan Muara Badak dan Marangkayu tidak sama.

Meski demikian, kendala ini dapat teratasi dengan mengurus pengajuan pinjaman melalui pihak kecamatan, desa, dan kelurahan di Kantor Bankaltimtara cabang pembantu.

“Jadi saran saya pengurusan kredit yang ada di wilayah hulu atau hilir ini tidak harus ke Tenggarong, nanti bisa ke Bankaltimtara terdekat,” sebutnya. 

Baca juga: Bupati Luncurkan KKI Bunga Nol Persen, Program Kredit Kukar Idaman Khusus Pelaku UMKM

Jika dulunya calon penerima kredit masing-masing ke bank terdekat, sekarang bisa melalui staf kepala desa atau pihak kecamatan.

“Nanti kades silakan konsultasi ke Bankaltimtara terdekat. Jadi tidak ada alasan lagi kades dan lurah untuk menolak, karena sudah ada surat edarannya,” tegasnya. 

Sebagai informasi, ketentuan penerima kredit Kukar Idaman ialah pelaku usaha mikro dan usaha kecil menengah (UMKM) yang melakukan usaha produktif.

Baik, perorangan atau badan usaha dan merupakan penduduk Kukar yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik.

Berikut 3 Jenis Kredit Kukar Idaman yang bisa tersalurkan untuk warga Kutai Kartanegara:

- Kredit Pedagang Kaki Lima yang diberikan paling banyak sebesar Rp10.000.000,- dengan jangka waktu paling lama 12 bulan.

- Kredit bagi Wirausaha Baru, diberikan paling banyak Rp15.000.000,- dengan jangka waktu paling lama 24 bulan.

- Kredit Kukar Idaman bagi Pelaku UMKM di Kutai Kartanegara, yang diberikan paling banyak Rp25.000.000,- dengan jangka waktu paling lama 24 bulan. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved