Berita DPRD Balikpapan

DPRD dan Pemkot Balikpapan Akan Alokasikan Bantuan Bencana Gempa Cianjur dari APBD 2023

Pemkot Balikpapan bersama dengan DPRD bersinergi akan memberikan bantuan pada korban gempa Cianjur, Jabar dengan menggunakan dana APBD 2023.

Penulis: Niken Dwi Sitoningrum | Editor: Aris
Kolase via Kompas dan Tribunnews
Kondisi terkini Gempa Cianjur. (Kolase via Kompas dan Tribunnews) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pemerintah Kota Balikpapan bersama dengan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) bersinergi akan memberikan bantuan pada korban gempa Cianjur, Jawa Barat dengan menggunakan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2023.

Hal ini disampaikan oleh Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dan juga Wakil Ketua DPRD Kota Balikpapan Subari pada saat rapat paripurna yang dihadiri secara terpisah dan digelar siang ini, Senin (28/11/2022).

"Sebagai bentuk keprihatinan dan perhatian Pemerintah Kota Balikpapan terhadap bencana gempa yang terjadi di Kabupaten Cianjur, maka kami mengusulkan alokasi bantuan bencana tersebut di APBD Tahun 2023," ucap Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud di tengah rapat paripurna.

Ia memohon persetujuan pihak DPRD Balikpapan untuk penggunaan dana tersebut. "Untuk itu, mohon persetujuan anggota DPRD yang terhormat," pintanya.

Baca juga: Polisi Gagalkan Peredaran Narkotika di Balikpapan, Sita 2,9 Gram Sabu dan 8 Butir Pil Koplo⁩

Menanggapi hal tersebut, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari membenarkan permohonan yang disampaikan Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud dalam penggunaan anggaran yang dimaksud.

"Ya, betul tadi sudah disampaikan Wali Kota juga. Ini bentuk empati kita, masyarakat Balikpapan turut berduka cita pada bencana gempa yang terjadi di Cianjur," ucap Subari usai memimpin rapat paripurna di Ruang Rapat Gabungan Gedung DPRD Balikpapan siang ini.

Pihaknya menyebut akan berdiskusi dengan Pemkot Balikpapan dalam hal ini Wali Kota Balikpapan Rahmad Mas'ud untuk membahas hal ini lebih lanjut.

Baca juga: Suntikan Dana RAPBD Balikpapan 2023 Akan Diprioritaskan untuk Program RPJMD 2021-2026

"Tadi sudah disebutkan, tentu nanti kita akan duduk bersama, DPRD dan Pemkot Balikpapan terkait anggaran yang akan disisihkan dan diberikan (kepada korban gempa Cianjur). Tentunya harus duduk bersama ya, karena tidak boleh Wali Kota memutuskan sendiri, karena ini anggaran punya masyarakat yang harus dipertanggungjawabkan," terangnya.

Namun begitu, DPRD Balikpapan juga masih belum bisa memutuskan penggunaan atau penyaluran anggaran tersebut akan disisihkan, mengingat hingga kini penyusunan RAPBD 2023 juga masih dalam tahap pembahasan.

"Bisa jadi dari dana kurang salur yang kita dapatkan (dari pemerintah pusat) itu," tutup Subari. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved