Berita Penajam Terkini

Pemkab PPU Fasilitasi Petani untuk Pembuatan Pupuk Organik

Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berupaya agar kebutuhan pupuk para petani di Benuo Taka, tetap terpenuhi pasca kuota pupuk bersubsidi

Penulis: Nita Rahayu | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/NITA RAHAYU
Lahan pertanian di Babulu. Petani diharapkan dapat menggunakan pupuk organik dan tidak bergantung pada pupuk kimia. (TRIBUNKALTIM.CO/NITA RAHAYU) 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) berupaya agar kebutuhan pupuk para petani di Benuo Taka, tetap terpenuhi pasca kuota pupuk bersubsidi dikurangi pemerintah pusat.

Saat ini, pemkab PPU tengah membiasakan petani, agar menggunakan pupuk organik baik dalam bentuk cair maupun pupuk padat.

"Selain air, para petani kita juga butuh pupuk pasca pengurangan pupuk subsidi," ungkap Kepala Dinas Pertanian PPU Mulyono, Senin (28/11/2022).

Bahkan, tempat untuk pembuatan pupuk organik, telah dibangun Pemkab PPU bekerjasama dengan pihak ketiga, dan lokasinya berada di Kecamatan Babulu.

Baca juga: Pemkab Penajam Paser Utara Siapkan Kawasan Industri 9 Ribu Hektar untuk Tarik Investor

Mulyono mengungkapkan, meski tempat pembuatan pupuk organik tersebut telah beroperasi, namun pupuk organik yang dihasilkan masih terbatas. Itupun baru pupuk organik dalam bentuk cair.

Kendalanya kata dia, karena kekurangan bahan baku sehingga tidak bisa memproduksi dalam jumlah banyak.

"Kalau kebutuhan bahan masih banyak, setelah diproduksi nanti diharapakan dapat memenuhi kebutuhan pupuk petani," sambungnya.

Dalam sehari, rata-rata pupuk organik cair yang diproduksi yakni sebanyak 500 liter. Pupuk itu digunakan oleh petani, untuk padi dan tanaman lainnya.

Baca juga: Update Virus Corona di Penajam Paser Utara Hari Ini, Tersisa 54 Kasus Positif Covid-19

Mulyono juga mengklaim bahwa kandungan pupuk organik hampir sama dengan pupuk kimia.

Untuk itu para petani diharapkan dapat beralih ke pupuk organik, dan tidak lagi bergantung pada ketersediaan pupuk kimia.

"Kandungam pupuk organik hampir sama dengan pupuk kimia, juga dapat memperbaiki unsur hara tanaman yang rusak," pungkasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved