Berita Balikpapan Terkini

Pertamina Simulasi Evakuasi Saat Keadaan Darurat di SDN 009 Balikpapan Barat

Mereka yang ikut adalah dari kelompok Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Margasari dan Kelurahan Baru Tengah, Kota Balikpapan

Penulis: Ary Nindita Intan R S | Editor: Budi Susilo
HO/PERTAMINA
Kegiatan sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan simulasi evakuasi saat keadaan darurat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 009 Balikpapan Barat, Provinsi Kalimantan Timur. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKAPAPAN - Kelompok mitra Binaan Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan, melakukan kegiatan sosialisasi Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) dan simulasi evakuasi saat keadaan darurat di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 009 Balikpapan Barat.

Mereka yang ikut adalah dari kelompok Kampung Siaga Bencana (KSB) Kelurahan Margasari dan Kelurahan Baru Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kalimantan Timur

Kegiatan ini dilakukan, bekerja sama dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Balikpapan.

Kegiatan sosialisasi ini, disampaikan langsung oleh perwakilan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Balikpapan Frans Martin.

Baca juga: Rangkaian Bulan Pengurangan Risiko Bencana, BPBD Balikpapan Gelar Simulasi Bencana Tanah Longsor

Hal ini, sebagai bentuk upaya dalam memberikan pelindungan dan keselamatan kepada warga sekolah dari risiko bencana

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk untuk membangun budaya siaga dan aman di sekolah, serta untuk membangun ketahanan dalam menghadapi bencana oleh warga sekolah.

Salah satu upayanya adalah dengan melakukan simulasi rutin, untuk peserta didik maupun tenaga pendidik.

"Kegiatan ini merupakan sarana berbagi pengetahuan serta menumbuhkan rasa percaya diri, kepada anggota KSB," ujar Ely Chandra Peranginangin selaku Area Manager Communication, Relations & CSR KPI PT KPI Unit Balikpapan, dalam siaran pers yang diterima TribunKaltim.co pada Minggu (27/11/2022).

Kesiapsiagaan memerlukan dukungan dari segala pemangku kepentingan.

Oleh karena itu, kata Chandra kegiatan ini, juga dapat menjadi wahana silaturahmi, berbagai pemangku kepentingan dalam hal kesiapsiagaan bencana.

Baca juga: Danrem 092 Maharajalila Sebut Simulasi Bencana akan Dilaksanakan di Kabupaten Kota

Sosialisasi SPAB dan simulasi evakuasi kedaruratan ini, memperoleh respon positif yang terlihat dari antusias peserta didik dan tenaga pendidik di SDN 009 Balikpapan Barat.

Seluruh peserta didik dan guru, mengikuti simulasi dengan baik, serta dapat menjalankan peran masing-masing saat terjadi bencana.

"Kami tahu bahwa potensi bencana di lingkungan sekolah kami salah satunya adalah kebakaran. Maka pengetahuan-pengetahuan yang disampaikan tadi sangatlah bermanfaat bagi kami," kata Kepala Sekolah SDN 009 Balikpapan Barat; Djayeng Sasminto.

"Secara nyata, kami bersama KSB juga telah melakukan simulasi evakuasi murid saat terjadi bencana kebakaran. Semua proses berjalan dengan lancar, dan anak-anak mampu memahami alur untuk menuju muster point, ketika bell tanda bahaya dibunyikan," urainya.

Baca juga: Bentuk Anak Difabel Tanggap Bencana, SLB Negeri Balikpapan Gelar Simulasi Bencana

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved