Berita Paser Terkini

648 Personel Gabungan Dikerahkan untuk Amankan Pilkades Serentak di Kabupaten Paser

Polres Paser terus berupaya dalam menjaga kondusivitas Kamtibmas jelang Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak di 72 desa yang akan berlangsung pad

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM
Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta memeriksa kekuatan personel dalam Apel Gelar Pasukan Pengamanan Tahap Pemungutan Suara Pilkades Serentak pada 72 desa di Paser, Senin (28/11/2022) kemarin. TRIBUNKALTIM.CO/SYAIFULLAH IBRAHIM 

TRIBUNKALTIM.CO, TANA PASER - Polres Paser terus berupaya dalam menjaga kondusivitas Kamtibmas jelang Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak di 72 desa se- Kabupaten Paser yang akan berlangsung pada 30 November 2022.

Salah satu upaya yang dilakukan, yaitu dengan dilaksanakannya Tactical Floor Game, yang dipimpin langsung oleh Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta di halaman indoor Mapolres Paser pada Senin 28 November 2022 kemarin.

Kapolres Paser AKBP Kade Budiyarta menyampaikan, pelaksanaan Tactical Floor Game yang telah dilakukan dalam rangka memastikan kesiapan personel maupun pihak terkait dalam Pilkades.

"Pada intinya, kami dari TNI, Polri serta pemerintah daerah siap untuk mengamankan Pilkades serentak di 72 desa," kata Kade, Selasa (29/11/2022).

Dalam pengamanan Pilkades serentak, Polres Paser bersama dengan pihak terkait telah mempersiapkan personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP serta para camat.

Baca juga: Bantu Amankan Pilkades Serentak di Paser, Polres Penajam Paser Utara Berangkatkan 1 Peleton BKO 

Kade mengimbau kepada personel keamanan Pilkades, dapat bersikap tegas dan humanis dalam setiap pelaksanaan tugas.

"Saya minta agar semua personel memegang teguh komitmen netralitas, tanpa memihak siapapun dan jaga kondisi fisik dan psikis agar tetap prima serta tetap mematuhi prokes," imbuhnya.

Dia mengatakan, Tactical Floor Game merupakan simulasi pengamanan tahap pemungutan suara dalam Pilkades mendatang.

Kurang lebih 207 Tempat Pemungutan Suara (TPS) tersebar pada Pilkades di 72 desa.

Baca juga: 72 Desa Bakal Ikut Pilkades Serentak di Paser, Dua Kades Tersandung Kasus Hukum

"Personel pengamanan sudah kami siapkan semua, baik itu di kecamatan hingga ke desa-desa," bebernya.

Sebanyak 648 personel gabungan yang disiapkan, mencakup personel dari Polres Paser dan Kodim 0904/PSR.

Hanya saja, wilayah yang menjadi perhatian saat Pilkades berlangsung, yaitu daerah yang sulit dijangkau kendaraan umum.

"Daerah yang sulit dijangkau kendaraan umum yaitu Desa Pengguren Jaya dan Senipah, Kecamatan Tanjung Harapan yang harus menggunakan kendaraan khusus untuk sampai ke sana," ujarnya.

Baca juga: 2 Desa di Paser Ada Calon Kades dari Pasangan Suami Istri dalam Pilkades 30 November

Kapolres Paser mengimbau masyarakat agar tetap menjaga kondusivitas wilayah saat Pilkades, yang tidak diharapkan dapat merusak tali silaturahmi dan hubungan kekeluargaan.

Usai pencoblosan hingga perhitungan suara, masyarakat diminta untuk kembali ke aktivitas seperti biasanya dengan situasi dan kondisi yang aman, damai dan tenang.

"Jadikanlah momen Pilkades membuktikan bahwa Kabupaten Paser ini damai, aman dan penuh dengan kekeluargaan," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved