Ibu Kota Negara

HIPMI PPU Sebut UMKM Butuh Dukungan Pemerintah Daerah untuk Sambut IKN Nusantara

Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Penajam Paser Utara, menyiapkan diri dalam menghadapi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Penulis: Nita Rahayu | Editor: Rahmad Taufiq
TRIBUNKALTIM.CO/NITA RAHAYU
Ketua HIPMI PPU Sayyid Hasan mengatakan, UMKM harus mempersiapkan diri, dalam arti mempersiapkan apa yang menjadi kebutuhan di IKN Nusantara. TRIBUNKALTIM.CO/NITA RAHAYU 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Penajam Paser Utara, menyiapkan diri dalam menghadapi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Ketua Himpunan Pengusaha Muda Indonesia atau HIPMI Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU) Sayyid Hasan mengatakan, UMKM harus mempersiapkan diri, dalam arti mempersiapkan apa yang menjadi kebutuhan di IKN Nusantara.

Untuk itu, UMKM juga membutuhkan dukungan dari pemerintah daerah dalam menyongsong IKN

"Semua elemen harus andil bukan hanya yang tergabung di HIPMI, termasuk juga pemerintah daerah bisa saling mendukung apa yang perlu disiapkan dalam pemindahan IKN," katanya

Menurutnya, pemindahan IKN Nusantara di Kecamatan Sepaku akan membawa dampak positif, termasuk yang akan dirasakan para pelaku UMKM lokal.

Baca juga: Sertifikasi Barista untuk Anak Muda, Isran Noor Tak Ingin Warga Kaltim Jadi Penonton di IKN

"Kita nggak bisa pungkiri bahwa ada dampak positif terkait hadirnya IKN Nusantara di PPU, tapi itu belum bisa dirasakan secara signifikan. Kenapa? karena peran atau andil masyarakat, khususnya pelaku UMKM itu belum betul-betul terasa," ujarnya.

Kendati demikian, dengan hadirnya IKN Nusantara cukup memberikan dampak yang baik, bagi perekonomian daerah.

Lantaran banyak masyarakat lokal maupun luar kota berdatangan hanya untuk melihat Ibu Kota baru, hal itupun berpengaruh kepada pelaku UMKM lokal.

"Informasi yang kita dapat cukup meningkat dan peningkatan ekonomi, khususnya pendapatan di teman-teman pelaku UMKM itu ada peningkatan," tuturnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved