Berita Kubar Terkini

Resmikan Balai Penyuluhan KB, Wabup Kubar Minta Petugas PLKB Beri Pelayanan Maksimal

Wakil Bupati Kubar, Edyanto Arkan berharap dengan adanya Balai Penyuluhan KB, petugas PLKB dapat menjalankan tugas yang lebih maksimal lagi.

Penulis: Zainul | Editor: Diah Anggraeni
Tribunkaltim.co/Zainul Marsyafi
Wakil Bupati Kutai Barat, Edyanto Arkan saat meresmikan Balai Penyuluhan KB di Kampung Muhur, Kecamatan Siluq Ngurai, Rabu (30/11/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, SENDAWAR - Balai Penyuluhan Keluarga Berencana (KB) di Kabupaten Kutai Barat kini sudah dapat difungsikan.

Hal ini setelah Balai Penyuluhan KB tersebut diresmikan oleh Wakil Bupati Kutai Barat, H. Edyanto Arkan pada Rabu (30/11/2022) kemarin.

Balai Penyuluhan KB yang dibangun di Kampung Muhur, Kecamatan Siluq Ngurai, ini nantinya akan menjadi kantor pusat pelayanan dan penyuluhan KB kepada masyarakat Kutai Barat. 

Baca juga: HUT Ke-72 Polairud, Jasa Raharja dan Polairud Polres Kubar Bagikan Ring Buoy kepada Motoris

Wakil Bupati Kubar, H. Edyanto Arkan berharap dengan adanya gedung tersebut, para petugas penyuluhan lapangan keluarga berencana (PLKB) dapat menjalankan tugas yang lebih maksimal lagi.

"Petugas PLKB di wilayah Kutai Barat diharapkan dapat melakukan harmonisasi baik dengan pimpinan di atas, rekan kerja, pemerintah Kecamatan dan pemerintah kampungnya masing-masing," kata Wabup Kubar, Kamis (1/12/2022).
 
Wabup menambahkan, petugas PLKB yang ada ini di Kubar saat ini hanya berjumlah 60 orang.

Jumlah tersebut belum cukup untuk menjangkau pelayanan masyarakat di 16 kecamatan serta 190 kampung dan 2 kelurahan se-Kutai Barat. 

Untuk itu, kata wabup, perlu dibangun jejaring pada level horizontal dan vertikal agar pelayanan KB dapat dijangkau seluruh masyarakat. 

"Apabila dibangun dengan baik, dengan segala keterbatasan kita, akan dapat mengatasi permasalahan," tambah wabup.

Baca juga: UMK Kubar 2023 Disepakati Naik 6,94 Persen, Bupati FX Yapan Beri Apresiasi Pihak Perusahaan 

Sementara itu, Kepala Perwakilan BKKBN Kaltim Siti Mayangsari Hamzah mengatakan, untuk perlengkapan di Balai Penyuluhan KB tersebut, nantinya secara bertahap kepala dinas akan dimasukkan ke dalam usulan seperti meubelair.

Lanjutnya, untuk wilayah Kaltim, jumlah Balai Penyuluhan KB terbanyak ada di Kubar yakni 15 unit gedung.

Pembangunan tersebut, dibangun sejak tahun 2017 silam dan bersumber dari dana alokasi khusus fisik sub bidang KB.

"Kami mengharapkan dukungan pemerintah daerah, bisa men-support Balai Penyuluhan KB. Diharapkan juga nanti bisa terus ditingkatkan dan diperbaiki kembali atau ditambah fasilitasnya melalui anggaran daerah," jelasnya. 

Dia juga menjelaskan, Balai Penyuluhan KB merupakan pusat pengendalian operasional program garda kencana di lini lapangan, serta dapat meningkatkan pendayagunaan PLKB untuk melaksanaan pekerjaan prioritas yang mendukung tercapainya target program garda kencana baik melalui alokasi, dana BOKB maupun dari dana APBD.

Baca juga: Pastikan Keamanan, Kapolres Kubar Tinjau Ruang Sel Tahanan dan Beri Nasihat kepada Para Napi

Keberadaan balai PLKB ini dapat semakin memudahkan masyarakat untuk mendapatkan layanan yang cepat, dekat, gratis, berkualitas dan memuaskan sehingga terwujud kesadaran masyarakat akan isu kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga melalui program bina keluarga balita, bina keluarga remaja, bina keluarga lansia, UPPKA dan pusat informasi dan konseling remaja.

"Bagi penyuluh KB bisa memfungsikan Balai Penyuluhan KB agar dapat menjadi tempat beraktivitas dalam merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, mengendalikan dan melakukan pembinaan kepada institusi masyarakat pedesaan dan mitra kerja dalam operasional program kependudukan keluarga berencana dan pembangunan keluarga di kecamatan masing-masing,"jelasnya. (*)

 

 

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved