Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Gelar Safari Subuh di Mushola Al Barokah, Bupati: Pengurus Fardhu Kifayah Perlu Regenerasi

Bupati Kutai Kartanegara Edi Damansyah ingin pengurus fardhu kifayah dapat dilakukan regenerasi.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Bupati Kukar Edi Damansyah saat safari subuh dan silaturahmi bersama masyarakat di Mushola Al Barokah, Jalan Danau Semayang, Tenggarong, Minggu (27/11/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Edi Damansyah ingin pengurus fardhu kifayah dapat dilakukan regenerasi.

Hal tersebut diungkapkan Edi Damansyah saat melakukan safari Subuh dan silaturahmi bersama masyarakat di Musholla Al Barokah Jalan Danau Semayang Tenggarong, Minggu (27/11/2022).

Bupati mengatakan, petugas pelaksana fardu kifayah (mengurus jenazah) di Musholla Al Barokah ini sudah banyak yang berumur atau uzur, sehingga perlu dilakukan regenerasi dengan menciptakan petugas-petugas baru yang profesional, artinya melaksanakan sesuai dengan tuntunan agama.

"Umat Islam diwajibkan untuk mengetahui tata cara memandikan mengkafani dan menyalatkan serta menguburkan jenazah muslim yang meninggal dunia sesuai tuntunan Alquran dan Hadits, oleh karena itu perlu dilakukan regenerasi dengan menciptakan petugas-petugas baru yang profesional, artinya melaksanakan sesuai dengan tuntunan agama, khususnya regenerasi pelaksana fardhu kifayah," ujar Edi.

Baca juga: Haru dan Bahagia, Bupati Kukar Kedatangan sang Guru Tercinta

Edi berharap, takmir musala ini terus lakukan sinergitas dan kolaborasi bersama pemerintah maupun stakeholder terkait dalam melakukan pembinaan bagi generasi muda, sehingga dapat menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia.

"Melalui momentum ini bisa menjadi sarana untuk bertemu dan bersilaturahmi. Selain itu, sebagai ajang untuk memperkuat sinergi bersama pemerintah dalam mendukung dan menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia, utamanya dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Kukar melalu Visi Misi Kukar Idaman," ujarnya.

Edi berharap musala ini terus lakukan inovasi dan kreativitas pembinaan karakter anak-anak.

Seperti Tempat Pendidikan Al-Qur’an (TPA) supaya anak bisa banyak belajar membaca Al-Qur’an, tahfidzul Qur’an supaya ilmu agama anak-anak terus bertambah dan regenerasi bisa berjalan dengan baik di musala ini maupun di mushola atau di masjid-masjid lain.

Baca juga: Bupati Edi Hadiri Apel Pagi di di SMAN 1 Tenggarong, Yang Sekolah Itu Anak-anak Kukar

Sementara itu, Ketua Takmir Mushola Al Barokah Bisiron mengatakan, dirinya dan mewakili warga masyarakat setempat sangat menyambut baik kunjungan dan silaturahmi tersebut, tentu dengan silaturahmi ini dapat mengoptimalkan peran dan fungsinya takmir musala dan bisa meningkatkan sinergitas dan kolaborasi bersama pemerintah untuk menciptakan generasi muda yang berakhlak mulia dan mensukseskan progam visi misi Kukar idaman.

Tausyiah dibawakan oleh Ketua MUI Kabupaten Kukar KH Abdul Hanan dengan tema Pentingnya Menjaga Salat.

Turut mendampingi bupati Kukar, yakni Sekretaris Daerah Kabupaten Kukar H Sunggono dan  Kabag Kesra H Dendi Irawan dan Kepala dan perwakilan OPD Pemerintah Kabupaten Kukar. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved