Berita Samarinda Terkini

Kabag Pemerintahan Setkot Samarinda Sebut Probebaya Award Jadi Ajang Evaluasi

Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan menggelar Probebaya Award bagi para RT di Kota Samarinda Kalimantan Timur.

Penulis: Sarikatunnisa | Editor: Rahmad Taufiq
HO/TRIBUNKALTIM.CO
Walikota Samarinda Andi Harun menyerahkan secara simbolis Program Pro Bebaya se-Kecamatan Samarinda Seberang Kalimantan Timur pada Selasa (23/8/2022) silam. 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemerintah Kota (Pemkot) Samarinda akan menggelar Probebaya Award bagi para RT di Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Tujuannya untuk mengapresiasi pelaksanaan Probebaya yang sudah berjalan di lingkup RT pada 2022.

Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Sekretariat Daerah Kota Samarinda, Mochamad Arif Surochman mengatakan, penyelenggaraan kegiatan itu juga menjadi evaluasi Probebaya.

Hal ini disampaikan kepada awak media usai memimpin rapat sosialisasi pelaksanaan Probebaya Award, Rabu (30/11/2022).

Adapun indikator penilaiannya, ia menyampaikan dari tim penilai akan melihat dari dua kategori, yaitu dari kegiatan infrastruktur dan non infrastruktur.

Baca juga: Wali Kota Samarinda Andi Harun Akan Beri Penghargaan Kepada RT Terbaik Dalam Melaksanakan ProBebaya

“Tim penilai nanti akan melihat dari transparansinya kegiatan itu terhadap masyarakat, partisipasi warganya seperti apa, akuntabel dan berkelanjutan. Itu ada bobotnya masing-masing,” ujarnya.

Arif menuturkan selama hampir satu tahun terakhir, ia menerima banyak masukan dari masyarakat yang menjadi catatan bagi pihak pelaksana Probebaya agar bermanfaat secara langsung terhadap masyarakat.

“Termasuk kesesuaian dalam program mandatory dalam hal ini dilihat juga mana kegiatan yang sudah sesuai dengan program prioritas Walikota, itu sub bagian dalam penilaiannya,” jelasnya.

Sehingga dengan gelaran Probebaya Award para RT akan terpantik untuk melaksanakan program lebih baik lagi sesuai kebutuhan masyarakat.

Baca juga: Sebagai Evaluasi, Pemkot Akan Revisi Perwali Petunjuk Teknis Pelaksanaan Pro Bebaya

“Yang terpenting sudah sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Makanya rembuk RT yang melibatkan masyarakat itu punya bobot sendiri nilainya," ujarnya.

Disampaikan juga, sebelum dilombakan di tingkat Kota, RT akan melalui seleksi di kelurahan dan di kecamatan masing-masing terlebih dahulu.

"Para peserta dari masing-masing RT akan dilombakan dari tingkat kelurahan, kecamatan dan puncaknya di tingkat Kota Samarinda. Hasilnya diumumkan pada HUT Kota Samarinda tahun 2023,” ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved