Ibu Kota Negara

PKS Kukar Gerakkan Kader dan Masyarakat demi Sambut Pembangunan IKN Nusantara

Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kutai Kartanegara mulai menggerakan kader dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas SDM menyambut Ibu Kota Nusantara

TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI
Sekretaris DPD PKS Kukar Ahmad Zainuddin. TRIBUNKALTIM.CO/MIFTAH AULIA ANGGRAINI 

TRIBUNKALTIM.CO, TENGGARONG - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Kutai Kartanegara mulai menggerakan kader dan masyarakat untuk meningkatkan kualitas SDM menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sekretaris DPD PKS Kukar, Ahmad Zainuddin mengatakan, ada beberapa program yang disusun oleh partainya untuk masyarakat di kawasan terdampak IKN.

"Kamis sudah siapkan program unggulan seperti di Kecamatan Samboja dan Muara Jawa," ujar Zainuddin saat ditemui di markas PKS Kukar, Kamis (1/12/2022).

Ia menilai, pemerintah pusat sangat serius dalam merealisasikan IKN. Hal ini bisa dilihat dengan berbagai progres pembangunan infrastruktur yang sudah berjalan.

Sebagai tokoh masyarakat, Zainudin merespons positif pembangunan IKN Nusantara.

Baca juga: Rayu Investor Malaysia ke IKN Nusantara, Indonesia Siapkan Karpet yang Paling Merah

Menurutnya, pembangunan IKN merupakan kebijakan dan komitmen besar pemerintah terhadap upaya pemerataan pembangunan di Indonesia.

"Terutama untuk pertumbuhan ekonomi di kawasan Indonesia Tengah dan Indonesia Timur," katanya.

Lebih lanjut, sekretaris Nahdlatul Wathan Provinsi Kaltim tersebut memberikan perspektifnya tentang kesiapan masyarakat lokal dalam menyambut IKN Nusantara.

Hanya saja, kesiapan ini tidak bisa dilakukan sendiri, perlu ada peran aktif semua stakeholder yang ada, termasuk pemerintah pusat maupun daerah.

Baca juga: Pemerintah Tambah 1.400 Hektare Lahan di KIPP IKN Nusantara Demi Tampung Investor

"Idealnya Pemkab Kukar harus mempersiapkan program unggulan dalam rencana pembangunan daerahnya dari sekarang," tuturnya.

Mengingat kondisi persaingan ke depan pasti ada, maka cepat atau lambat, progres IKN ini harus diantisipasi oleh masyarakat Kabupaten Kukar.

"Sehingga tentunya harus disiapkan SDM-nya dalam menghadapi dampak pembangunan IKN ke depan," tambah Zainuddin.

Ia pun menekankan, semangat pembangunan IKN bukan hanya milik pemerintah pusat, semangat pembangunan IKN harus merata dan dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Baca juga: PT Wika Jajaki Kerja Sama dengan Investor Korea, Bangun Apartemen di IKN Nusantara

Apalagi, IKN Nusantara akan menjadi daya tarik minat investor asing dan menjadi kawasan bisnis baru yang banyak dikunjungi berbagai orang.

"Jadi bukan hanya menjadi kunjungan destinasi wisata lokal dan nasional yang sudah mulai bergeliat, ke depannya akan menjadi magnet bagi para investor," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved