Berita Balikpapan Terkini

Tegakkan Aturan, Karantina Pertanian Balikpapan Gelar Operasi Patuh di Pelabuhan Kariangau

Karantina Pertanian Balikpapan menggelar Operasi Patuh Karantina di Pelabuhan Penyeberangan Kariangau pada Selasa (29/11/2022) lalu.

HO/Karantina Pertanian Balikpapan
Operasi patuh karantina yang digelar oleh Balai Karantina Pertanian Balikpapan guna mengawasi dan menindak tegas serta memastikan lalu lintas hewan serta tumbuhan dan produk turunannya dapat dilaporkan kepada pejabat karantina pertanian yang dilakukan Selasa (29/11/2022) lalu. HO/Karantina Pertanian Balikpapan 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Karantina Pertanian Balikpapan menggelar Operasi Patuh Karantina di Pelabuhan Kariangau pada Selasa (29/11/2022) lalu.

Operasi ini digelar untuk memastikan lalu lintas hewan serta tumbuhan dan produk turunannya dapat dilaporkan kepada pejabat karantina pertanian.

Hal ini sesuai dengan persyaratan Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan dan Tumbuhan.

Dalam pelaksanaan kegiatan ini, Karantina Pertanian Balikpapan menggandeng beberapa institusi terkait lainnya, yakni Polda Kaltim, Koramil Balikpapan Barat, BPTD Wilayah XVII Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Kalimantan Utara, Kepolisian Sektor Balikpapan Barat, BKIPM, BKSDA Kaltim, PT. Jembatan Nusantara, dan PT ASDP.

“Kami akan terus melakukan edukasi dan sosialisasi kepada masyarakat mengenai regulasi perkarantinaan, dengan harapan masyarakat semakin paham mengenai pentingnya karantina dan melaporkan media pembawa yang akan dilalulintaskan sesuai dengan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku”, ujar Akhmad Alfaraby, Kepala Karantina Pertanian Balikpapan melalui siaran pers yang diterima Tribunkaltim.co, Kamis (1/12/2022).

Baca juga: 3 Kebijakan Badan Karantina Pertanian, dari Produk Intelijen hingga Peta Kerawanan

Kasubbag Tata Usaha, Sunan Jaya menambahkan, sudah banyak masyarakat yang sadar akan pentingnya prosedur pelaporan ini sebagai media pembawa yang akan dilalulintaskan.

"Ke depannya, kegiatan ini akan terus kami laksanakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat," tutur Sunan.

Operasi patuh karantina yang dilaksanakan di Pelabuhan Penyeberangan Kariangau ini juga merupakan upaya pengawasan terhadap komoditas karantina hewan dan tumbuhan yang dilalulintaskan melalui KM. Laskar Pelangi dari Mamuju ke Balikpapan.

Tercatat, dari hasil operasi patuh karantina ini Karantina Pertanian Balikpapan mendapatkan komoditas pertanian berupa buah pisang 2.000 kg, kelapa bulat 400 kg, bibit durian 3 batang, gula merah 1800 kg, ayam buras 2 ekor.

Baca juga: Balai Karantina Pertanian Balikpapan Luncurkan Si Etam, Inovasi Satu Data Karantina

Selain itu juga terdapat komoditas berupa daging sapi dan daging ayam tanpa sertifikat sanitasi produk hewan (KH-12) dari daerah asal yang kemudian dilakukan penahanan sesuai dengan amanah UU No. 21 Tahun 2019.

"Komoditas ini kami lakukan penahanan karena tidak dilengkapi dokumen karantina dari daerah asal, yaitu KH-12 sesuai dengan UU No. 21 Tahun 2019 tentang Karantina Hewan, Ikan, dan Tumbuhan," jelas Niken Pandan Sari selalu Subkoordinator Substansi Pengawasan dan Penindakan.

Adanya operasi patuh karantina ini juga diharapkan mampu meningkatkan kepatuhan masyarakat pengguna jasa untuk lapor karantina, serta meningkatkan sinergitas antarinstansi yang dapat terus terjalin untuk menjaga negeri ini. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved