Berita Penajam Terkini

Gereja Bethany FOG Bukit Damai Waru Diresmikan, Asisten III Sebut Sesuai Visi PPU

Sebagian besar dana bersumber dari swadaya jemaat, dibantu Yayasan Bethany Kalimantan, dan dari pemerintah Desa Bangun Mulya.

HO
Asisten III Setkab Penajam Paser Utara (PPU) Ahmad Usman dan Pdt Samuel Kusuma menandatangani prasasti sekaligus menggunting pita, menandai peresmian gedung Gereja Bethany FOG Bukit Damai Waru. 

TRIBUNKALTIM.CO, PENAJAM - Gedung Gereja Bethany Favor OF God (FOG) Bukit Damai Waru, ditahbiskan dan diresmikan Plt Bupati Penajam Paser Utara (PPU) yang diwakili Asisten III Setkab Penajam Paser Utara (PPU) Ir H Ahmad Usman, Kamis (1/12/2022).

Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Asisten III Setkab Penajam Paser Utara (PPU) Ahmad Usman dan Ketua Umum Sinode Gereja Bethany FOG Indonesia Pdt DR Samuel Kusuma MTh.

Peresmian gereja yang berlokasi di Jl. Mata Air RT 06 Desa Bangun Mulya, Kecamatan Waru, PPU itu turut dihadiri Bimas Kristen Kantor Kementerian Agama (Kemenag) PPU, Ketua Bamagnas PPU, dan Pengurus Forum Kerukunan Antarumat Beragama (FKUB) PPU, perwakilan Polres PPU, pemerintah desa setempat serta jemaat.

Asisten III Setkab Penajam Paser Utara (PPU) Ahmad Usman dan  Pdt Samuel Kusuma menandatangani prasasti sekaligus menggunting pita, menandai peresmian gedung Gereja Bethany FOG Bukit Damai Waru.
Asisten III Setkab Penajam Paser Utara (PPU) Ahmad Usman dan Pdt Samuel Kusuma menandatangani prasasti sekaligus menggunting pita, menandai peresmian gedung Gereja Bethany FOG Bukit Damai Waru. (HO)

Menurut Koordinator Panitia Pembangunan, Kamijan, proyek pembangunan gedung gereja ini menghabiskan biaya senilai Rp1,2 miliar. Sebagian besar dana bersumber dari swadaya jemaat, dibantu Yayasan Bethany Kalimantan, dan dari pemerintah Desa Bangun Mulya.

Pada kesempatan itu, Asisten III yang membidangi Ekonomi dan Pembangunan Setkab PPU, Ahmad Usman menyampaikan, pentahbisan dan peresmian gedung gereja ini sesuai dengan visi Kabupaten PPU. “Ini bagian dari perwujudan visi Kabupaten PPU yang maju, modern dan religius,” ucapnya.

Ahmad Usman berharap gedung gereja ini difungsikan maksimal untuk pembinaan jemaat dalam berbagai aspek, juga mengakomodasi jemaat baru yang akan datang ke kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN).

Sementara Pdt DR Samuel Kusuma berterima kasih kepada Pemkab PPU dan jajaran yang sangat membantu percepatan izin pembangunan gedung tersebut. “IMB terbit sangat cepat, sertifikat lahan ini juga atas nama gereja. Semua untuk kemuliaan nama Tuhan,” ucapnya. Selain itu, Pdt Samuel juga berterima kasih kepada jemaat Waru yang setia berswadaya untuk membangun gedung gereja ini sampai tuntas.

Untuk diketahui, kehadiran gereja ini bermula sejak tahun 1982. Diawali ibadah rutin umat Kristen di kediaman salah seorang jemaat, Jumadi (almarhum) dan keluarganya. Kemudian, Sumadi –anak Jumadi– melanjutkan pelayanan tersebut dan menghibahkan tanah pribadi untuk mendirikan Rumah Doa, pada 2018. Tahun 2020, pembangunan pun berlanjut secara masif hingga diresmikan pada Kamis (1/12/2022).

Usai peresmian Kamis siang, malam harinya dilanjutkan dengan perayaan Natal jemaat Bethany FOG Bukit Damai Waru, yang menghadirkan pembicara Pdt DR Samuel Kusuma yang juga merupakan Gembala Senior Gereja Bethany FOG Balikpapan.(*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved