Berita Paser Terkini

Kenalkan Gunung Boga Sebagai Lokasi Sport Tourism, Disporapar Paser Bakal Gelar Festival Paralayang

Sebagai langkah dalam mengenalkan objek wisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser bakal menggelar festival paralayang.

Penulis: Syaifullah Ibrahim | Editor: Aris
HO
Atlet paralayang yang telah melakukan uji coba terbang pada 15 September 2022 lalu di Spot Paralayang Gunung Boga, Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur. (HO) 

TRIBUNKALTIM.COM, TANA PASER - Sebagai langkah dalam mengenalkan objek wisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten Paser bakal menggelar festival paralayang.

Festival paralayang itu akan berpusat di kawasan wisata Desa Luan, Kecamatan Muara Samu, Kabupaten Paser, Kalimantan Timur (Kaltim) pada 10-11 Desember 2022.

Kepala Disporapar Paser Muksin mengatakan, festival paralayang tersebut juta dilakuan dalam rangka memperingati hut ke-63 Kabupaten Paser.

"Festival paralayang bertujuan untuk memperkenalkan Gunung Boga sebagai pariwisata olahraga atau lokasi sport tourism, serta dalam rangka memperingati HUT Kabupaten Paser,'' kata Muksin saat dihubungi Tribunkaltim.co melalui sambungan telepon, Minggu (4/12/2022).

Baca juga: Staf Ahli Pemerintahan Hukum dan Politik Paser Ajak Karutan Tanah Grogot yang Baru Bersinergi

Event tersebut nantinya akan diikuti 12 atlet dari berbagai wilayah, mulai dari Kalimantan Timut (Kaltim), Pulau Jawa, hingga mancanegara.

"Rencana ada 12 orang mulai dari atlet Kaltim, Jawab Barat, dan juga dari Australia. Untuk yang dari luar negeri ini kemungkinan ada satu orang, tapi masih dalam konfirmasi untuk kehadirannya," tambahnya.

Dijelaskan, sementara ini pihaknya tengah melakukan penataan lokasi dan pembersihan lahan di sekitar area take off atau landasan Paralayang.

Untuk pembersihannya, Disporapar Paser dibantu dengan PT AAMU dan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Paser.

Baca juga: Banyak Calon Petahana Tumbang Pada Pilkades Serentak di Paser, Masih Tunggu Hasil Rekapitulas

"Kita bersihkan mulai hari ini, kemungkinan Selasa sudah tuntas untuk pembersihan lahan itu, sehingga pada 10-11 Desember sudah siap untuk digunakan," paparnya.

Lebih lanjut disampaikan, terdapat 2 lokasi take off yang digunakan untuk spot olahraga Paralayang.

"Ada dua lokasi pendaratan yang kita siapkan, yaitu di area lapangan Desa Luan dan landasan alternatif yang ditempatkan di kawasan PT AAMU," tambahnya.

Baca juga: Paser Optimis jadi Tuan Rumah Porprov Kaltim Tahun 2026

Diungkapkan, untuk kepanitian pada event tersebut nantinya akan melibatkan Federasi Aero Sport Indonesia (FASI) Cabang Paser.

"Kita libatkan juga FASI dalam festival Paralayang ini, biasanya mereka merupakan personel dari TNI AU," pungkas Muksin. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved