Berita Balikpapan Terkini

Tingkatkan Profesionalitas dan Kekompakan, Inkop TKBM Gelar Pelatihan Bagi Anggota se-Kalimantan

Induk Koperasi atau Inkop Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) melakukan pelatihan bagi anggotanya se-Kalimantan.

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH
Induk Koperasi atau Inkop Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) melakukan pelatihan bagi anggotanya se-Kalimantan di Hotel Mega Lestari Balikpapan, Minggu (4/12/2022). (TRIBUNKALTIM.CO/MOHAMMAD ZEIN RAHMATULLAH) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN – Induk Koperasi atau Inkop Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) melakukan pelatihan bagi anggotanya se-Kalimantan.

Berlangsung tanggal 1-7 Desember 2022, pelatihan ini diselenggarakan sekaligus pembinaan K3 operator ship crane dan rigger.

Sebagaimana dalam temanya, pelatihan ini dimaksudkan agar meningkatkan kinerja dan profesionalitas terhadap semua anggota.

Sehingga pada gilirannya, mempercepat sertifikasi bagi seluruh anggota TKBM di Indonesia, termasuk di Kalimantan.

Baca juga: Musisi Balikpapan, Rudy Nender Gelar Konser Amal untuk Korban Gempa Cianjur

Ketua Umum Inkop TKBM, Muhamad Nasir mengharapkan dari pelatihan ini agar seluruh anggota dapat memperlihatkan profesionalisme saat bekerja.

"Kita harus sadari, pekerjaan ini diberikan. Sehingga sudah seharusnya kita memberikan pelayanan yang maksimal kepada pengguna jasa," ungkap Nasir, sapaan akrabnya, Minggu (4/12/2022).

Kebiasaan kurang baik atau keliru dari para pendahulu, kata dia, agar bisa ditinggalkan oleh pekerja.

Baca juga: BSB Glow Garden di Balikpapan Padukan Taman Tulip dan Padi, Bikin Suasana Malam Tambah Romantis

Nasir meneruskan, meski harus terampil dan profesional, anggota agar tidak mengabaikan kekompakan antar anggota. Sebab baginya, hal itu merupakan Marwah dari koperasi.

Kekompakan itu, menurutnya, bisa direalisasikan ketika melihat anggota lain melakukan kesalahan agar ditegur. Sebaliknya, jika ditegur agar tidak tersinggung demi kebaikan bersama.

"Kemudian kita juga perlu merapatkan barisan. Karena ada segelintir kelompok yang ingin melemahkan eksistensi kita sebagai koperasi," terang Nasir.

Baca juga: BSB Glow Garden di Balikpapan Hadirkan Taman Bunga dengan 4.000 Lampu, Cocok buat Spot Foto Baru

Maka dari itu, disamping pelatihan dan pembinaan, pertemuan di dalam forum ini juga sebagai koordinasi untuk menyikapi upaya pelemahan koperasi itu.

"Tentunya bagaimana kita menghadapi itu, bagaimana kita rapatkan barisan agar pekerjaan kita bisa bertahan," tukasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved