Berita Kaltara Terkini

Beredar Video Ikan Pasar Pelangi Malinau Beracun: Wakapolres: Hoaks

Beredar video yang menuding ikan yang dijual di Pasar Minan atau Pasar Pelangi Malinau, Kalimantan Utara beracun

Editor: Samir Paturusi
TRIBUNKALTIM.CO/HO
Wakapolres Malinau, Kompol Lafrin Tambunan didampingi Kasat Reskrim Polres Malinau, Iptu Wisnu Bramantio saat menjelaskan duduk perkara kejadian video viral sepekan lalu di Ruang Rupatama Polres Malinau, Kalimantan Utara, Senin (5/12/2022).TRIBUNKALTIM.CO/HO 

TRIBUNKALTIM.CO- Beredar video yang menuding ikan yang dijual di Pasar Minan atau Pasar Pelangi Malinau, Kalimantan Utara beracun.

Video yang viral ini membuat Polres Malinau turun tangan, untuk memastikan kebenaran itu.

Setelah dilakukan penelusuran ternyata informasi tersebut tidak benar.

Bahkan Polres Malinau telah mempertemukan seluruh pihak untuk dimintai keterangan.

Hasil penelusuran, Video Viral tersebut murni merupakan kesalahan perekam video.

Baca juga: 5 Biji Buah yang Berbahaya Bagi Kesehatan Bila Tertelan, Diantaranya Biji Buah Pir yang Beracun

Baca juga: Misteri Permen Beracun di Pesta Halloween Itaewon, Jang Hansol Bongkar Faktanya

Waka Polres Malinau, Kompol Lafrin Tambunan menyampaikan, polisi telah memeriksa duduk perkara dan muasal beredarnya dua potongan Video Viral pendek tersebut.

Video Viral tersebut direkam oleh pemilik hewan peliharaan yang diduga keracunan seusai mengonsumsi ikan di Desa Tanjung Keranjang, Malinau Kota pada Sabtu (26/11/2022) lalu.

Video Viral itu berawal dari kesalahpahaman pemilik hewan peliharaan.

"Polres Malinau telah memeriksa kejadian video viral pekan lalu. Jadi ini berawal dari kesalahpahaman saja, sehingga kita pertemukan kedua pihak untuk menemukan permasalahan," ujarnya, Senin (5/12/2022).

Lafrin Tambunan menyampaikan polisi telah memanggil dan mendengarkan keterangan tiga pihak, yakni pedagang, pemilik hewan peliharaan sekaligus perekam dan pembeli.

Pada saat kejadian, telah dicapai kesepakatan damai, namun video tersebut telah terlanjur disebarkan melalui grup WhatsApp kerabat perekam.

Keesokan harinya Minggu (27/11/2022), dua potongan video berisi dua hewan peliharaan yang keracunan seusai mengonsumsi ikan yang dijual di Pasar Minan berhampiran Pasar Pelangi viral di media sosial.

"Dari pihak yang merekam ini, awalnya hanya menyampaikan video l ke grup WhatsApp keluarganya. Dengan maksud mengingatkan agar berhati-hati mengonsumsi ikan.

Kesalahannya, informasi harus dicek dulu kebenarannya, jangan sampai merugikan masyarakat banyak seperti yang terjadi sekarang," katanya.

Baca juga: Markas KKB Papua Rata dengan Tanah, TNI-Polri Dituding Lakukan Serangan Pakai Senjata Kimia Beracun

Pedagang di Pasar Minan sepakat mencabut laporan dengan syarat perekam harus melakukan klarifikasi untuk menjelaskan video sebelumnya tidak benar. (*)

Artikel ini telah tayang di TribunKaltara.com dengan judul Video Viral Ikan Beracun di Pasar Minan Malinau Dipastikan Hoaks, Perekam dan Pedagang Dipertemukan, https://kaltara.tribunnews.com/2022/12/05/video-viral-dugaan-ikan-beracun-di-pasar-minan-malinau-hoaks-usai-perekam-dan-pedagang-dipertemukan.

Sumber: Tribun kaltara
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved