IKN Nusantara

Calon Klub Sepakbola IKN Nusantara Cari Home Base, 5 Stadion di Kaltim Dilirik

Calon klub sepakbola IKN Nusantara cari home base, 5 stadion di Kaltim dilirik

TRIBUNKALTIM.CO - Manajemen Nusantara United FC (NUFC) memanfaatkan jeda kompetisi Liga 2 2022/2023 untuk melakukan kunjungan dan studi ke sejumlah stadion di Kalimantan Timur (Kaltim).

Dilansir dari Bolasport, agenda ini sekaligus menjadi persiapan awal NUFC sebagai klub ibu kota baru jelang berbasis di wilayah Ibu Kota Nusantara atau IKN Nusantara dalam beberapa waktu mendatang.

Lawatan klub di Kaltim dimulai dengan menginjakkan kaki di Titik Nol Nusantara yang terletak di Kabupaten Penajam Paser Utara sebelum menyambangi lima stadion dengan kriteria potensial sebagai opsi ‘home base’.

Stadion yang dimaksud, yakni Stadion Benuo Taka, Stadion Batakan, Stadion Palaran, Stadion Segiri, dan Stadion Aji Imbut.

COO NUFC, Adhitya Hernadian, mengatakan sebagai klub profesional dan mewakili ibu kota negara, pihaknya ingin stadion yang bukan hanya untuk bertanding.

Artinya, stadion yang juga menjadi investasi jangka panjang bagi NUFC.

“Kami tentu ingin memiliki stadion yang sesuai Club Licensing Regulations (CLR)."

"Ya, yang aman, nyaman, mudah diakses, serta dengan kelengkapan baik untuk mengakomodasi suporter dan pers," ucap Adhitya Hernadian.

Ia menambahkan, pihaknya siap mendengar apabila ada alternatif stadion lain yang dirasa layak sebagai kandang NUFC.

“Kami berupaya agar Nusantara United FC dapat menjadi tim ibu kota negara yang representatif, berkembang, dan berprestasi tentunya."

"Pada waktu yang tepat, kami akan pindah ke IKN,” tambahnya.

Selain stadion, kriteria infrastruktur sarana pelatihan dan mes pemain yang memadai juga menjadi perhatian tersendiri manajemen NUFC dalam kunjungan ini.

Sebelumnya, Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia ( PSSI) Mochamad Iriawan alias Iwan Bule mengatakan, PSSI menyiapkan lahan seluas 50 hektar untuk pusat pelatihan tim nasional (training center) di Ibu Kota Negara (IKN) baru, di Penajam Paser Utara (PPU), Kalimantan Timur.

Selain tempat pemusatan latihan, nantinya di lahan tersebut akan dibangun fasilitas penunjang lainnya yang terpusat untuk kemajuan sepak bola Indonesia.

Halaman
12
Sumber: BolaSport.com
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved