Berita Kaltim Terkini

Peringati Hari Disabilitas Internasional, Pemprov Kaltim Beri Bantuan Sosial Rp 14,6 M

Pemprov Kaltim dalam rangka momen Hari Disabilitas Internasional memberi bantuan sosial terencana senilai Rp 14,682 miliar.

HO/PEMPROV KALTIM
Wakil Gubernur Hadi Mulyadi dan Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak memberikan bantuan kepada para penyandang disabilitas dalam peringatan puncak Hari Disabilitas Internasional, Senin (5/12/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Pemprov Kaltim dalam rangka momen Hari Disabilitas Internasional memberi bantuan sosial terencana senilai Rp 14,682 miliar.

Penyerahan bantuan diserahkan langsung kepada para penyandang disabilitas, Senin (5/11/2022) oleh Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi didampingi jajaran, di Pendopo Odah Etam, Kompleks Kantor Gubernur Kaltim.

Kepala Biro Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Kaltim Andi Muhammad Ishak menjelaskan pada kegiatan Puncak Peringatan Hari Disabilitas Internasional tahun 2022 ini, Pemprov memberikan bantuan total Rp 14,682 miliar.

Bantuan sosial terencana yang diberikan kepada masyarakat, jika dirincikan tersebar untuk penyandang disabilitas se-Kabupaten/Kota di Provinsi Kaltim sebanyak Rp 7,951 miliar untuk 7.951 orang di mana masing-masing mendapatkan Rp 1 juta.

Kemudian bantuan veteran berjumlah Rp 362 juta untuk 181 orang dengan masing-masing per orang mendapatkan Rp 2 juta.

Baca juga: Sejarah Hari Disabilitas Internasional 3 Desember, Gunakan Link Twibbon Lengkap Cara Pakainya

"Janda veteran mendapatkan bantuan Rp 453 juta untuk jumlah penerima 302 orang, masing-masing orang mendapatkan Rp 1,5 juta," jelasnya dalam laporan kegiatan.

Andi Muhammad Ishak juga menyampaikan, ada pula bantuan ke lembaga kesejahteraan sosial anak se-kabupaten dan kota senilai Rp 4,861 miliar untuk 91 Lembaga, serta bantuan untuk lembaga kesejahteraan sosial lanjut usia senilai Rp 1,055 miliar bagi 8 Lembaga.

"Mudah-mudahan bantuan ini bisa bermanfaat paling tidak bisa membantu meringankan beban penerima agar bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya," ucapnya.

Dia juga menyampaikan, bantuan yang diserahkan sebagai wujud komitmen, Pemprov Kaltim dalam partisipasi dan kepedulian, memberikan pemenuhan hak bagi penyandang disabilitas, khususnya di Kaltim.

Baca juga: Samarinda Bakal Miliki Trotoar Ramah Pejalan Kaki Disabilitas

Hal tersebut juga diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) Nomor 1 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Pemenuhan Hak Penyandang Disabilitas.

"Pemprov juga telah berupaya membuat landasan dalam menjamin penghormatan, perlindungan dan pemenuhan hak-hak penyandang disabilitas di Kaltim," ujarnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved