IKN Nusantara

Siap Jadi Lumbung Padi IKN Nusantara, Kabupaten Ini Punya Potensi Sawah 69 Ribu Ha

Siap jadi lumbung padi IKN Nusantara, Kabupaten ini punya potensi sawah 69 ribu ha

Penulis: Rafan Arif Dwinanto | Editor: Djohan Nur

TRIBUNKALTIM.CO - Kabupaten Paser merupakan satu diantara sekian daerah di Kalimantan Timur yang berbatasan langsung dengan IKN Nusantara atau Ibu Kota Nusantara.

Selain Paser, ada juga Balikpapan dan Kutai Kartanegara.

Sebagai daerah penyangga IKN Nusantara, Kabupaten Paser memiliki beberapa potensi.

Terutama dari lahan pertanian.

Tak tanggung-tanggung, Kabupaten Paser memiliki lahan potensial untuk dikembangkan menjadi sawah seluas 69 ribu hektare.

Untuk food estate saja, lahan yang disiapkan sekitar 2.500 hektare.

Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura (DTPH) Kabupaten Paser Erwan Wahyudi menyampaikan, lokasi lahan tersebar di 4 kecamatan.

“Lokasinya tersebar di empat kecamatan yaitu Tanah Grogot, Pasir Belengkong, Long Kali dan Long Ikis,” kata Erwan, di Tanah Grogot, Senin (5/12/2022).

Dia menjelaskan, data tersebut merupakan hasil kajian Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Provinsi Kalimantan Timur yang dilakukan sejak Mei hingga Oktober 2022.

Kemudian dilakukan kegiatan ekspose di Samarinda pada akhir November lalu. Kala itu, tim teknis dari Kabupaten Paser memaparkan perihal kondisi lahan pertanian.

"Ekspose kajian tersebut sebagai bahan masukan terhadap pihak-pihak terkait, dalam pengembangan kawasan pertanian yang terintegrasi," jelasnya.

Erwan menambahkan dari hasil kajian itu, diperoleh data bahwa pada tahun 2022 luasan lahan eksisting di Paser seluas 8.722,92 hektare, tersebar pada enam kecamatan, yaitu Batu Engau, Long Kali, Long Ikis, Pasir Belengkong, Tanah Grogot, dan Kuaro.

"Angka tersebut mengalami peningkatan jika dibandingkan lahan eksisting pada tahun 2020 seluas 6.756,93 hektare," papar Erwan.

Sementara, total luas lahan potensial (potensi sawah) yang tersebar di 10 kecamatan di Kabupaten Paser, yakni sebanyak 69.306,45 hektare.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved