Berita Pemkab Kutai Kartanegara

Pemkab Kukar Siap Jajaki Kerja Sama Luar Negeri

Sekda Kukar H Sunggono membuka Evaluasi dan Sosialisasi Kerja Sama Daerah di Hotel Aston Samarinda.

Editor: Diah Anggraeni
Prokom
Sekda Kukar H Sunggono membuka Evaluasi dan Sosialisasi Kerja Sama Daerah di Hotel Aston Samarinda. 

TRIBUNKALTIM.CO - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) H Sunggono membuka Evaluasi dan Sosialisasi Kerja Sama Daerah di Hotel Aston Samarinda, pekan tadi.

Sekda mengapresiasi kegiatan tersebut, karena dapat memberikan pencerahan dan meningkatkan wawasan bagi perangkat daerah di lingkungan Pemkab Kukar dalam melaksanakan kerja sama daerah berdasarkan peraturan perundang-undangan.

Baca juga: Wabup Kukar Sebut Puskesmas Sebulu Ilir Difungsikan 2023

Menurutnya, kerja sama daerah memiliki peran strategis sebagai upaya transformasi ekonomi yang diharapkan dapat meningkatkan daya saing dan perekonomian daerah, dengan memanfaatkan sumber daya lokal secara sinergis dan meningkatkan kerja sama antarpelaku dalam pengelolaan sumber daya ekonomi daerah.

"Memorandum of understanding (MoU) yang sudah ada dan dilaksanakan Pemkab Kukar dengan daerah lain dan pihak ketiga, dapat ditindaklanjuti menjadi Perjanjian Kerja Sama yang berkesesuaian dengan RPJMD dan program dedikasi Pemkab Kukar," harapnya.

Selain itu, Pemkab Kukar juga mendorong perangkat daerah agar mulai mempersiapkan kerja sama luar negeri, sehingga pada 2023 nanti dapat melakukan penjajakan atau letter of intent (LoI) dengan kabupaten/kota atau pihak ketiga di luar negeri guna mendukung percepatan tercapainya visi misi Kukar Idaman.

Baca juga: Dihadiri Bupati Edi Damansyah, MPP Kukar Diresmikan Wapres Sekaligus Pencanangan RB Tematik

Sunggono meminta seluruh peserta dan perangkat daerah dapat mengikuti kegiatan ini dengan serius hingga tuntas.

Sampaikan permasalahan dan kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan kerja sama daerah, sehingga dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman dengan mendiskusikan persiapan yang perlu dilakukan dalam pelaksanaan kerja sama daerah sehingga dapat memberi dampak positif bagi pembangunan.

"Mari terus berkolaborasi agar bisa terwujud pemerintahan yang baik dan maju kedepanya," ajaknya. (adv)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved