Berita Balikpapan Terkini

Universitas Balikpapan Bebaskan Uang Gedung Bagi Calon Mahasiswa Baru, Ada Syaratnya

Beberapa penilaian lain diantaranya, kelancaran atau tidak boleh mengulang-ngulang. Kemudian aspek tajwidnya harus benar dan sesuai dengan Tajwid

Penulis: Ary Nindita Intan R S | Editor: Budi Susilo
TRIBUNKALTIM.CO/ARY NINDITA
Proses uji tes bagi calon mahasiswa baru Universitas Balikpapan melalui jalur Tahfidz ALquran, yang dibebaskan Sarana Prasarana dan Fasilitas Pendidikan (SPFP) di Masjid Amirulhaq Universitas Balikpapan, Rabu (7/12/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Universitas Balikpapan membuka kesempatan pendaftaran Mahasiswa Baru (Maba) melalui jalur khusus, yaitu jalur Tahfidz ALquran.

Calon Maba ini, akan dibebaskan Sarana Prasarana dan Fasilitas Pendidikan (SPFP) atau dengan kata lain dibebaskan biaya uang gedung.

Saat ini, telah terdapat tiga calon Maba yang mendaftar melalui jalur pendaftaran Tahfidz ini. Dan telah mengikuti test hafalan Alquran, yang berlangsung di Masjid Amirulhaq Universitas Balikpapan, Rabu (7/12/2022).

Ke tiga calon Maba yang mengikuti tahap pertama untuk jalur tahfidz, adalah Muhammad Khubaib, Andi Novitasari dan Umar.

Yang dinilai oleh juri dari luar kampus yakni, Ustadz Iqbal Tri dari Wahdah Islamiah Kota Balikpapan, Ustadz Afif Zakariah dari UMMI Balikpapan dan Ustadz Shabir Badwin dari Istiqomah.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Tinggi Dharma Wirawan Kalimantan Timur Universitas Balikpapan; Rendi Susiswo Ismail menyampaikan, program ini adalah pertama kali dilakukan oleh Universitas Balikpapan, di Tahun Akademik 2023-2024.

Hal ini sengaja dilakukan untuk menuju pembangunan manusia Indonesia seutuhnya, yang dimulai sejak awal, terutama pada calon-calon Maba Universitas Balikpapan.

Dengan menggratiskan uang gedung bagi mahasiswa-mahasiswi yang hafal Alquran, terutama untuk komunitas muslim.

"Program jalur tahfidz ini akan dilakukan secara berkelanjutan hingga penutupan pendaftaran berakhir pada 31 Januari 2023, serta tidak ada batasan quota," ujar Rendi.

"Tentu dengan persyaratan memiliki hafalan Alquran minimal 3 Juz," tambahnya.

Selain itu, Rendi juga sedang menyiapkan formula agar umat beragama lain bisa menikmati program serupa.

"Ke depan, akan kami siapkan formulanya, baik umat nasrani maupun yang lain. Ini wujud keberagaman di Universitas Balikpapan dan pengamalan sila pertama," pungkasnya.

Sementara itu, Ustard Afif Zakariah selaku Ketua Dewan Juri, mengungkapkan, ketiganya calon Maba dinyatakan lolos dan memang benar sudah menghafalkan Alquran.

Namun ia menambahkan, perlu murojaah yang lebih kuat lagi.

Halaman
12
Sumber: Tribun Kaltim
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved