Berita Balikpapan Terkini

Polda Kaltim Mulai Susun Persiapan Pengamanan Libur Nataru

Polda Kaltim mulai menyusun persiapan pengamanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Penulis: Mohammad Zein Rahmatullah | Editor: Aris
TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo. (TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO) 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPANPolda Kaltim mulai menyusun persiapan pengamanan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Terkait perayaan tahun baru yang biasa dilakukan oleh masyarakat, Polda Kaltim saat ini menunggu aturan untuk diperbolehkan atau tidak.

Demikian berdasarkan status covid-19 di Kaltim.

“Mengimbau terutama tetap menjaga protokol kesehatan, memang hingga saat ini belum ada perintah larangan tetapi ketika akan dilaksanakan tetap menjaga protokol Kesehatan,” ujar Kabid Humas Polda Kaltim, Kombes Pol Yusuf Sutejo.

Baca juga: Harga Komoditas Bawang Merah dan Cabai Merangkak Naik di Bontang Jelang Nataru

Hal yang menjadi atensi dari jajaran kors Bhayangkara, adalah penggunaan kembang api, yang biasa dilakukan oleh masyarakat untuk merayakan tahun baru.

”Penggunaan kembang api sampai saat ini masih terus berkoordinasi dengan satuan kerja di kewilayahan, maupun stakeholder terkait apakah memang dibutuhkan untuk dibatasi. Saat ini masih berkoordinasi,” Yusuf menerangkan.

Dia juga meminta kepada masyarakat untuk tetap berhati-hati ketika berkendara, mengingat wilayah Kaltim kerap diguyur hujan. Sehingga potensi yang timbul adalah kecelakaan lalu lintas.

"Ada beberapa kejadian karena kecelakaan lalu lintas yang diakibatkan jalan licin saat hujan, harap diantisipasi," katanya.

Baca juga: #TerusNyalakanSemangat saat Momen Nataru, Trafik Broadband Telkomsel Melonjak hingga 22 Persen

Selain itu kejahatan konvensional juga tetap diwaspadai, seperti kasus pencurian dengan pemberatan, pencurian dengan kekerasan dan pencurian kendaraan bermotor atau biasa disebut kejahatan C3.

Polda Kaltim juga menggencarkan kegiatan patrol baik menggunakan kendaraan sepeda motor maupun mobil dengan menyasar kawasan rawan kejahatan.

Kendati demikian, Yusuf mengatakan berdasarkan perayaan Nataru tahun lalu, wilayah hukum Polda Kaltim dalam situasi kondusif.

“Kaltim relatif kondusif. Tahun lalu juga tidak ada kejadian menonjol ataupun hal yang meresahkan tidak ada, karena kita tahu masyarakat Kaltim tidak mau membuat pelanggaran,” tandasnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved