MotoGP

Fakta Unik MotoGP 2023, Terdapat 9 Sirkuit Dirancang Orang yang Sama, Bagaimana dengan Mandalika?

Fakta unik jelang bergulirnya MotoGP 2023, ada sembilan sirkuit yang dirancang oleh orang sama, lalu bagaimana dengan Sirkuit Mandalika?

BAY ISMOYO / AFP
MotoGP Indonesia 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok. Berikut ini fakta unik mengenai sirkuit yang akan digunakan balapan di MotoGP 2023. (Bay Ismoyo/AFP) 

TRIBUNKALTIM.CO - Jelang bergulirnya MotoGP 2023, terdapat sejumlah fakta unik mengenai sejumlah sirkuit yang akan digunakan Marc Marquez dkk.

Pada MotoGP 2023, terdapat 21 sirkuit yang akan dipergunakan balapan dari Maret hingga November tahun depan.

Salah satu keunikan yang ada di sirkuit MotoGP 2023, yakni terdapat sembilan sirkuit yang dirancang oleh orang yang sama.

Apakah Sirkuit Mandalika untuk MotoGP Indonesia, salah satunya?

Ya, ada sembilai sirkuit host MotoGP 2023 yang dirancang oleh orang yang sama, yaitu Hermann Tilke.

Total sembila sirkuit yang jadi host MotoGP 2023 di antaranya Portimao (Portugal); Circuit of The Americas atau COTA (Amerika); Sachsenring (Jerman) dan Sokol International Raceway (Kazakhstan).

Selanjutnya adalah Red Bull Ring (Austria); Buddh International Circuit (India); Buriram (Thailand); Sepang (Malaysia) dan Lusail (Qatar).

Bukan tanpa alasan kenapa begitu banyak sirkuit yang di desain oleh arsitek asal Jerman, Hermann Tilke di kalender MotoGP 2023.

Baca juga: Marc Marquez Diprediksi Kembali Garang di MotoGP 2023, Ternyata Ada Andil Valentino Rossi

Pasalnya, desain Hermann Tilke itu jadi jaminan bagi sirkuit untuk menggelar balapan motor bergengsi MotoGP atau pun F1.

Itu sebabnya, Hermann Tilke juga mendapat kepercayaan untuk mendesain sirkuit Sentul dan Jaka Baring (Palembang) yang sempat mencalonkan jadi venue MotoGP beberapa waktu lalu.

Sebagai info, karakter desain Hermann Tilke adalah sirkuit berkarakter high speed dengan variasi tikungan pertama atau akhir karakternya pelan.

Lalu, bagaimana dengan Sirkuit Mandalika, yang memiliki 4,31 km?

Baca juga: Daftar Pembalap dan Jadwal MotoGP 2023: Rider Debutan Gabung dengan Tim Pendatang Baru

Kerumitan Sirkuit Mandalika ternyata tak lepas dari campur tangan MRK1 Consulting, yang merupakan konsultan venue balapan motor, berkantor pusat di Bahrain.

Seperti dikutip dari arsip Harian Kompas Rabu (16/3/2022), konsultan ini mengerjakan layout sirkuit, pavement sirkuit dan drainase sirkuit.

Halaman
1234
Sumber: Motor Plus
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved