Beria Malinau Terkini

Terbongkar, Penyelundupan 20 Dus Miras ke Malinau Jelang Nataru, Diangkut Pakai Mobil Pribadi

Jelang Natal dan Tahun Baru, polisi gencar melakukan patroli terkait peredaran minuman keras (miras) secara ilegal, termasuk di Provinsi Kaltara.

Editor: Rahmad Taufiq
HO/POLRES MALINAU
Operasi Cipta Kondisi lintas instansi di Malinau menjaring puluhan dus minuman keras yang diduga akan diseludupkan jelang Hari Natal dan Tahun Baru di Malinau, Selasa (20/12/2022). 

TRIBUNKALTIM.CO, MALINAU - Jelang Natal dan Tahun Baru, polisi gencar melakukan patroli terkait peredaran minuman keras (miras) secara ilegal, termasuk di Provinsi Kaltara.

Maklum. provinsi yang berbatasan langsung dengan negara tetangga, Malaysia, kerap dimanfaatkan sebagai akses keluar-masuk barang terlarang, seperti miras dan narkoba. 

Bahkan pelaku sengaja mengangkut puluhan dus miras menggunakan mobil pribadi agar tidak terendus polisi. 

Terbaru, polisi menyita puluhan dus minuman keras dari seorang pengendara roda 4 berinisial AF (24) yang diduga akan diseludupkan ke Malinau, Kalimantan Utara, Selasa (20/12/2022).

AF terjaring operasi Cipta Kondisi atau Cipkon, operasi gabungan yang diinisiasi Polres Malinau untuk mencegah gangguan jelang Natal dan Tahun Baru 2023.

Baca juga: Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonif 621/Manuntung Amankan 72 Botol Miras Asal Malaysia

Kapolres Malinau, AKBP Andreas Deddy Wijaya melalui Perwira Pengendali Cipta Kondisi, Iptu Marudut Simarmata menerangkan polisi menyita total 20 dus Miras di wilayah Malinau Utara.

Pelaku terjaring operasi cipta kondisi dan setelah diperiksa, kendaraan yang dikendarainya membawa puluhan dus minuman keras.

"Cipkon yang kita laksanakan bersama personel gabungan mengamankan seorang pengendara roda empat angkutan pribadi berinisial AF (Pemilik Miras) beserta 20 dus Miras merk Houster,” ujarnya, Selasa (20/12/2022) sore.

Marudut menjelaskan barang bukti berupa puluhan dus Miras tersebut diyakini berasal dari luar daerah.

Selanjutnya, barang haram tersebut diyakini akan diseludupkan jelang perayaan Natal dan Tahun Baru 2023 di Malinau.

Saat ini, pelaku sedang menjalani pemeriksaan dan barang bukti berupa puluhan dus Miras telah diamankan di Mapolres Malinau.

"Pelaku dibawa ke Mapolres Malinau untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Barang bukti tersebut juga diamankan yang nantinya akan dimusnahkan setelah kegiatan Operasi Cipta Kondisi selesai dilaksanakan," katanya. 

Baca juga: Cegah Peredaran Miras Saat Natal dan Tahun Baru, Satpol PP Malinau Bangun Pos Pengamanan

Polsek Amankan 40 Botol Miras Asal Malaysia yang Disimpan di Kamar Tidur

Pelaku berinisial SU (36) dan puluhan barang bukti miras diamankan ke Mako Polsek KSKP Nunukan, Minggu (11/12/2022) malam.
Pelaku berinisial SU (36) dan puluhan barang bukti miras diamankan ke Mako Polsek KSKP Nunukan, Minggu (11/12/2022) malam. (HO/Federiko Humas Polres Nunukan)

Sebelumnya, Polsek Kawasan Pelabuhan Tunon Taka atau KSKP Nunukan mengamankan 40 botol minuman keras (miras) asal Malaysia dari tangan seorang pria berinisial SU (36), warga Jalan Tien Soeharto, Nunukan Timur, Kabupaten Nunukan, Kalimantan Utara.

Halaman
12
Sumber: Tribun kaltara
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved