Kesehatan

10 Manfaat Gerakan Sholat Bagi Kesehatan, Rukuk Merupakan Latihan untuk Mencegah Gangguan Prostat

10 Manfaat Gerakan Sholat, Rukuk Merupakan Latihan untuk Mencegah Gangguan Prostat

Editor: Nur Pratama
freepik
Ilustrasi muslim mengerjakan sholat. 

TRIBUNKALTIM.CO - Ada 10 manfaat gerakan sholat yang muslim lakukan dalam 1 hari 5 kali.

Sholat adalah salah satu amalan ibadah yang hukumnya wajib bagi muslim, bahkan diriwayatkan bahwa sholat merupakan tiang agama, jika tak dilaksanakan, maka runtuhlah tiang-tiang agama tersebut.

Ternyata, gerakan-gerakan dalam sholat tidak hanya ibadah yang akan dijadikan bekal untuk di akhirat nanti, namun gerakan-gerakannya juga sangat baik dan proporsional bagi anatomi tubuh manusia yang dari sisi medisnya dapat menangkal berbagai macam penyakit.

Berbagai gerakan sholat mulai takbir hingga salam memiliki makna yang luar biasa untuk kesehatan fisik, mental bahkan untuk keseimbangan spiritual dan emosional. Berikut ini 10 manfaat gerakan sholat bagi kesehatan.

Baca juga: Bacaan Doa Ketika Telinga Berdenging, Bahasa Arab, Latin dan Terjemahannya

1. Takbiratul Ihram

Takbiratul ihram adalah gerakan yang posturnya mengangkat kedua tangan sejajar dengan telinga lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Kegunaan gerakan ini melancarkan aliran darah, getah bening atau limfe dan kekuatan otot lengan.

Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancar ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancar. Lalu kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khsusnya pada tubuh bagian atas.

2. Rukuk

Rukuk dalam sholat adalah gerakan dimana tulang belakang atau punggung menunduk lurus hingga jika segelas air diletakkan di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang.

Manfaat dari gerakan ini untuk menjaga kesempurnaan posisi dan fungsi tulang belakang sebagai penyangga tubuh dan syaraf pusat. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah akan maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu pada lutut akan merelaksasikan otot-otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk merupakan latihan untuk mencegah gangguan prostat.

3. I’tidal

Adalah gerakan bangun dari rukuk dimana tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi daun telinga. Manfaat gerakan I’tidal ini ketika gerak berdiri bungkuk berdiri sujud merupakan latihan yang baik bagi pencernaan.

Organ-oragan pencernaan di dalam perut akan mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian yang menjadikan pencernaan lebih lancar.

4. Sujud

Halaman
1234
Sumber: Bangka Pos
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved