Tingkatkan Kepesertaan BPU, BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan Gelar 'Sapa Pasar' di Klandasan

BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Balikpapan menggelar Sapa Pasar di Pasar Klandasan, Balikpapan.

Editor: Diah Anggraeni
HO/BPJamsostek
BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Balikpapan saat kegiatan 'Sapa Pasar' di Pasar Klandasan, Balikpapan. Kegiatan ini merupakan lanjutan dari strategi BPJS Kenagakerjaan Cabang Balikpapan untuk meningkatkan kepesertaan. 

TRIBUNKALTIM.CO - Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Kantor Cabang Balikpapan mengakuisisi kepesertaan pedagang di Pasar Klandasan, Balikpapan, melalui kegiatan Sapa Pasar.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan I Nyoman Hary Sujana mengatakan, kegiatan ini merupakan lanjutan dari strategi BPJS Kenagakerjaan Cabang Balikpapan untuk meningkatkan kepesertaan.

Baca juga: Tingkatkan Kesejahteraan Pekerja, BPJS Ketenagakerjaan dan BSI Balikpapan Jalin Kerja Sama

Selain itu, kegiatan ini juga untuk menyosialisasikan dan mengedukasi program yang dimiliki BPJS Ketenagakerjaan kepada para pedagang.

Ia mengatakan, kegiatan ini menargetkan kepesertaan bagi pekerjaan bukan penerima upah (BPU) yakni pekerja yang melakukan kegiatan atau usaha ekonomi secara mandiri untuk memperoleh penghasilan.

Para pedagang cukup membayar sebesar Rp16.800 per bulan sudah mendapatkan dua jaminan, yakni Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

Baca juga: Sepanjang 2022, BPJS Ketenagakerjaan Balikpapan Bayarkan Klaim Rp 407 Miliar

Dari jumlah tersebut, dengan menambah pembayaran sebesar Rp 20.000,- peserta sudah mendapatkan tambahan satu program perlindugan lagi yakni Jaminan Hari Tua (JHT).

"Kami berharap, apa yang sudah kami lakukan ini bisa meningkatkan jumlah kepesertaan, khususnya yang berasal dari tenaga kerja bukan penerima upah. Semoga apa yang sudah kami lakukan ini bisa memberikan kemudahan kepada para peserta untuk mendapatkan perlindungan saat menjalankan aktivitas kerja mereka. Sehingga mereka dapat bekerja dengan aman dan tenang sesuai dengan selogan BPJS Ketenagakerjaan, yakni 'Kerja Keras Bebas Cemas," kata Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Balikpapan, I Nyoman Hary Sujana. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved