Berita Balikpapan Terkini

Gegara Ancam Pakai Senjata Api, Pria di Balikpapan Ini Diringkus Polisi

Satreskrim Polresta Balikpapan mengamankan seorang pria berinisial MG (29) lantaran melakukan pengancaman menggunakan senjata api

TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO
Satreskrim Polresta Balikpapan mengamankan seorang pria berinisial MG (29) lantaran melakukan pengancaman menggunakan senjata api.TRIBUNKALTIM.CO/DWI ARDIANTO 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN- Satreskrim Polresta Balikpapan mengamankan seorang pria berinisial MG (29) lantaran melakukan pengancaman menggunakan senjata api.

Sebelumnya, petugas dari Kecamatan Balikpapan Selatan, Kelurahan Gunung Bahagia, Kantor BPN Balikpapan, Kejaksaan Negeri Balikpapan serta Ketua RT usai meninjau sebidang tanah di kawasan Jalan Ruhui Rahayu RT 41 Kelurahan Gunung Bahagia, Balikpapan Selatan, Balikpapan pada Jumat (20/1/2023) siang.

Tiba-tiba melintas kendaraan mobil Toyota Fortuner hitam di lokasi kejadian.

Selang beberapa saat, tersangka turun dari mobil sambil melontarkan kata-kata bernada tinggi dengan ekspresi marah dengan maksud membubarkan.

Baca juga: Dapat Bisikan, Pria Asal Kalteng Akui Dapat Ancaman Senjata Api di Samarinda

Baca juga: Polisi Tangkap Ketua KNPB dan 2 KKB Papua, Teroris Diamankan Saat Transaksi Amunisi Senjata Api

Tidak hanya itu, tersangka kemudian mencabut senjata api jenis glock 19 kaliber 32 atau 7,65 mm ke udara.

"Di lokasi kejadian kami amankan barang bukti dua selongsong senjata api," ungkap Ps Kasubnit 2 Unit Jatanras Polresta Balikpapan Ipda Sukaca Bayu Sakti Rabu (25/1/2023).

Setelah mendapatkan barang bukti dan keterangan saksi yang cukup, Unit Jatanras Polresta Balikpapan menjemput MG di rumahnya.

"Penangkapannya cukup alot karena yang bersangkutan enggan menyerahkan diri. Dari semalam hingga pukul 08.00 Wita, kita baru bisa masuk ke dalam," terangnya. .

Di rumah tersangka, kepolisian juga melakukan penggeledahan dan mengamankan sepucuk senjata api yang digunakan pelaku untuk melakukan pengancaman.

"Ternyata masih ada 10 butir peluru aktif di dalam magazine dan kami amankan berikut dengan pistol jenis glock,"sebutnya.

Pelaku mengaku, bahwa senjata api tersebut memiliki izin resmi.

Namun demikian, Bayu mengklaim akan menyelidiki keabsahan dokumen perizinan dengan berkoordinasi dengan Polda Kaltim.

Tersangka juga mengaku sudah memiliki senjata api sejak Agustus 2022.

Baca juga: Senjata Api Patwal Jadi Mainan Dua Balita Buya Arrazy, Begini Keterangan Polisi

"Masih kami menelusuri keabsahan daripada surat izin tersebut terlebih masalah teknis penggunaan oleh pelaku sehingga mengakibatkan orang lain merasa terancam jiwanya."bebernya.

Untuk motif, diduga pelaku merasa kesal karena tanah yang dilakukan pengecekan oleh petugas pemerintah diklaim milik pelaku.

"Motifnya masih kami dalami karena obyeknya tanah mungkin pelaku merasa memiliki tanah itu," jelas Bayu.

Atas perbuatanya tersangka dijerat dengan Pasal 335 ayat (1) KUHP dengan ancaman pidana penjara satu tahun penjara. (*)

 

 

Sumber: Tribun Kaltim
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved