Berita Balikpapan Terkini

Peringatan Bulan K3, Pertamina Ingatkan Pentingnya Aspek HSSE

Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan cara yang ber

Penulis: Ardiana | Editor: Rahmad Taufiq
HO/TRIBUNKALTIM.CO
Pertamina memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan jalan santai atau berjalan kaki di kawasan jalan utama sekitar kilang sembari melakukan kampanye aspek K3. 

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Pertamina melalui PT Kilang Pertamina Internasional (KPI) Unit Balikpapan memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dengan cara yang berbeda dari tahun sebelumnya.

Kali ini, peringatan Bulan K3 diawali dengan jalan kaki di kawasan jalan utama sekitar kilang sembari melakukan kampanye aspek K3.

Kemudian, kegiatan yang diikuti oleh lebih dari 300 pekerja dan mitra kerja itu dilanjutkan dengan upacara bersama di dalam kilang.

"Peringatan Bulan K3 merupakan hal yang rutin kita lakukan sebagai langkah untuk terus menguatkan dan mengingatkan pentingnya HSSE dalam operasional kilang," ujar General Manager (GM) PT KPI Unit Balikpapan, Arafat Bayu Nugroho.

Ia menambahkan, tahun 2022 merupakan tahun pembelajaran yang sangat penting bagi PT KPI Unit Balikpapan dengan berbagai tantangan yang menjadi pembelajaran.

"Pada tahun 2022 lalu, kita telah berhasil menyelesaikan salah satu pekerjaan besar yaitu perawatan kilang skala besar. Di tahun 2022, kita juga menghadapi berbagai tantangan. Semua itu harus menjadi pembelajaran bagi kita semua," ucapnya.

Sesuai dengan temanya "Mewujudkan Budaya HSSE Generative dan Pengelolaan Asset Integrity yang Unggul Guna Mendukung Keberlanjutan Bisnis Pertamina", Bayu menyampaikan terdapat lima tingkatan budaya K3 yang dikenal saat ini, di antaranya, yaitu patologis, reaktif, kalkulatif, proaktif dan generatif.

"Level patologis adalah level terendah dimana orang tidak peduli dengan aspek K3. Lalu ada tingkatan reaktif dan kalkulatif. Tingkat selanjutnya adalah proaktif. Pada tingkat proaktif, organisasi telah melihat K3 sebagai hal yang sangat penting. Organisasi juga telah mampu mengindentifikasi penyebab-penyebab utama kecelakaan dan dilakukan perbaikan. Namun ternyata proaktif saja tidak cukup," tuturnya.

Lebih lanjut, ia berharap agar pekerja dan mitra kerja PT KPI Unit Balikpapan merupakan organisasi yang berbudaya generatif berupa organisasi yang terus berusaha untuk mengerti lingkungan pekerjaannya.

"Keselamatan dan kesehatan kerja sudah merupakan bagian dari setiap proses dan kegiatan bisnis pada perusahaan tersebut dalam segala tingkatan," ungkapnya.

Sementara itu, Area Manager Communication, Relations and CSR PT KPI Unit Balikpapan, Ely Chandra Peranginangin menyampaikan sebelum upacara yang dilaksanakan pada hari ini, telah dilakukan berbagai kegiatan sebagai rangkaian bulan K3.

"Akan ada banyak rangkaian kegiatan bulan K3 yang akan dilaksanakan, tidak hanya di internal perusahaan namun juga yang melibatkan masyarakat," jelasnya.

Untuk eksternal, PT KPI Unit Balikpapan akan melalukan beberapa program CSR. Diantaranya revitaliasi Usaha Kesehatan Sekolah (UKS), safety riding, pembagian helm dan pelatihan kedaruratan.

"Semoga melalui peringatan bulan K3 ini, kita semua semakin menjadikan K3 bagian dari kehidupan kita sehari-hari," ucapnya. (*)

Sumber: Tribun Kaltim
Berita Populer
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved