Kanal

Tahun Depan, Kementerian ESDM Glontorkan 10.000 Sambungan Rumah untuk Jaringan Gas di Balikpapan

Pembangunan galian tanah untuk saluran jargas di kawasan Karang Rejo, Kecamatan Balikpapan Tengah, Kota Balikpapan, Provinsi Kaltim pada Kamis (5/7/2018) siang. - TRIBUN KALTIM/FACHMI RACHMAN

TRIBUNKALTIM.CO, BALIKPAPAN - Tahun Depan, Kementerian ESDM Glontorkan 10.000 Sambungan Rumah untuk Jaringan Gas di Balikpapan

Tahun depan Pemerintah Kota Balikpapan mendapat bantuan sebanyak 10 ribu sambungan jargas (jaringan gas) dari Kementerian ESDM.

Untuk saat ini kota Balikpapan sudah memiliki 8.000 Sambungan Rumah (SR) yang sudah beroperasi di beberapa kelurahan. 

Jambore PIK Remaja Balikpapan, Harus Jauh dari Narkoba dan Pernikahan Dini

Kiper Dwi Yudha Fokus Pemulihan Cedera, Minta Doakan bisa Lagi Perkuat Persiba Balikpapan di Liga 2

Panti Suhartono Kabag Perekonomian mengatakan, tahun depan kalau tidak ada halangan dapat bantuan Jargas sebanyak 10.000 Sambungan Rumah Tangga.

Sebelumnya, pada 2017 ada 3.000an lebih sambungan, pada 2018 dapat 5.000 sambungan, saat ini sudah berjalan dan tahap uji coba.

"Di tahun 2019 tidak dapat, rencana tahun 2020 nanti kalau tidak ada halangan mendapat tambahan 10 ribu sambungan rumah (SR)," kata Panti Suhartono.

Tahun Depan, Kementerian ESDM Glontorkan 10.000 Sambungan Jargas untuk Balikpapan (TRIBUNKALTIM.CO/ SITI ZUBAIDAH)

Relisasi ini masih jauh dari target RPJMN sebanyak 24.000 Sambungan Rumah.

Apabila tahun depan alokasi sebanyak 10.000 SR tidak berubah, maka realisasinya dari target RPJMN bisa mencapai 70% atau sekitar 18.849.

Wilayahnya yang akan mendapatkan jaringan gas di antara sebagian di kawasan Balikpapan Utara, Muara Rapak, dan Balikpapan Kota yakni wilayah Mekar Sari.

"Untuk Balikpapan Tengah belum menyeluruh. Saat ini sudah 8.000 jaringan yang terpasang, jika dipersenkan baru sekitar 30 persen terpasang," kata Panti Suhartono.

Halaman
12
Penulis: Siti Zubaidah
Editor: Rita
Sumber: Tribun Kaltim

Misteri Dikuburnya Mahasiswi di Belakang Kos Terungkap, Istri Penjaga Kos Akui Suaminya Membunuh

Berita Populer