Kanal

Perjuangkan Peningkatan Bandara APT Pranoto, Banggar DPRD Kaltim Kunjungi Kemenhub

Badan Anggaran DPRD Kaltim dipimpin Wakil Ketua DPRD Sigit Wibowo melakukan kunjungan kerja ke Dirjen Bandar Udara Kemenhub di Gedung Sainath Tower Jakarta, Kamis (24/10). - HUMAS DPRD KALTIM

JAKARTA - Badan Anggaran yang dipimpin Wakil Ketua DPRD Provinsi Kaltim Sigit Wibowo melakukan kunjungan kerja ke Dirjen Bandar Udara Kemenhub di Gedung Sainath Tower Jakarta, Kamis (24/10).

Kunker itu dimaksudkan dalam rangka komitmen memperjuangkan peningkatan bandar udara yang dimiliki Kaltim, khususnya Bandara APT Pranoto, Samarinda.

Sigit Wibowo mengatakan sebagai bandara baru, APT Pranoto sudah menunjukkan peningkatan penumpang secara siknifikan. Pembangunannya yang bertujuan menciptakan peningkatan perekonomian itupun telah mendapatkan dukungan dari pemerintah pusat.

Sayangnya, peningkatan jumlah penumpang tidak dibarengi dengan peningkatan sejumlah fasilitas infrastuktur penunjang bahkan ironisnya bandara yang awalnya digadang-dagang melayani rute penerbangan internasional itu tidak memiliki lampu di runway, alhasil ketika hujan dengan intensitas tinggi atau malam hari tidak bisa digunakan untuk landing sehingga tidak jarang dialihkan ke Bandara SAS Sepinggan Balikpapan.

Melihat kondisi ini, maka Banggar berinisiatif untuk menagih janji pemerintah untuk segera melakukan pengembangan. Pasalnya, sudah setahun lebih pengelolaan bandara itu diserahkan Pemprov Kaltim ke Kementerian Perhubungan akan tetapi peningkatan navigasi masih terkesan lambat.

Ia mencontohkan, seperti pemasangan air field lighting yang terdiri dari lampu runway, lampu, apron, dan taxiway. Anggaran pemasangan via APBN Perubahan 2019 senilai Rp 12 miliar belum juga mengucur, jadi pengerjaan yang ditargetkan dimuai September ini molor.

“Kami sudah lama mengirim susrat kepada Kemenhub agar segera ada pengembangan pada Bandara APT Pranoto. Bandara itu belum selesai sepenuhnya jadi masih memerlukan pengembangan, apalagi dalam rangka menunjang IKN,” tuturnya.

Kepala Seksi Pengelola Prasarana Bandar Udara, Dirjen Bandar Udara Sainath Tower Erwin Dwi Purnomo menyebutkan pemerintah melalui Presiden Jokowi pada sambutannya ketika meresmikan Bandara APT Pranoto 25 Oktober 2018, jelas menyatakan dukungannya tidak hanya terhadap pembangunan infrastrukturnya saja baik sisi udara maupun sisi daratnya saja akan tetapi lebih dari itu meningkatkan jumlah rute penerbangan.

Menurutnya, pengembangan sejumlah bandara di tanah air termasuk di Kaltim masuk dalam agenda prioritas pembangunan pemerintah karena bagian dari komitmen dalam mewujudkan pemerataan pembangunan.

“Melihat penumpang yang terus bertambah maka memang sudah sewajarnya dilakukan pengembangan, akan tetapi beberapa syarat administratib wajib untuk dipenuhi termasuk menunggu detail engineering design (DED),”tegasnya. (adv/hms)

Editor: Achmad Bintoro

Video Detik-detik Oknum PNS Tabrak Satpam Solo Paragon Mall Gara-gara Tepergok Mesum di Parkiran

Berita Populer