Kanal

Potensi PLTA Besahan Kalimantan Utara Melimpah, Gubernur Sebut Presiden Jokowi Minta Digarap 2020

GARAP PLTA BESAHAN - Potensi PLTA Besahan Kalimantan Utara melimpah, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie Lambrie sebut Presiden Jokowi minta untuk bisa digarap tahun 2020. - TribunKaltim.Co/Muhammad Arfan

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG SELOR - Potensi PLTA Besahan Kalimantan Utara melimpah, Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie Lambrie sebut Presiden Jokowi minta untuk bisa digarap tahun 2020.

Belum lama ini Presiden Joko Widodo atau Jokowi meminta proyek pembangunan PLTA Besahan berkapasitas 9.000 Megawatt (MW) Kabupaten Bulungan Provinsi Kalimantan Utara segera dimulai tahun 2020.

Hal itu diungkapkan Gubernur Kalimantan Utara Irianto Lambrie Lambrie usai bertemu Presiden di Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2019 di Jakarta pekan lalu.

Dalam keterangan resmi Gubernur Irianto Lambrie, Selasa (3/12/2019), dituturkannya, Presiden Jokowi optimistis PLTA Besahan akan menjadi infrastruktur energi kelistrikan

Bakal berdampak signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi nasional.

Proyek PLTA yang berlokasi di Sungai Kayan Kalimantan Utara juga bakal meningkatkan daya saing.

Biaya produksi PLTA yang lebih efisien serta mengusung sumber energi terbarukan sebagai bahan dasarnya, juga menjadi keunggulan proyek pembangkit itu.

"Presiden memproyeksi penghematan biaya produksi atau production cost tenaga listrik. Di mana selama ini apabila mengandalkan batubara biaya produksi bisa mencapai USD 6 hingga 7 sen, sementara apabila menggunakan hydro power hanya sekitar USD 2 sen," ujar Irianto Lambrie.

Melimpahnya sumber daya air di aliran-aliran sungai besar di Kalimantan Utara, praktis potensi PLTA di Kalimantan Utara tidak hanya ada di Bulungan saja. Di Kalimantan Utara juga akan dibangun PLTA Sungai Mentarang, Kabupaten Malinau berkapasitas 1.375 MW dengan investor konsorsium PT Kayan Group dan Sarawak Energy Berhad.

“Pak Presiden mendorong percepatan pembangunan dua hydro power ini,” ujar Irianto Lambrie.

Halaman
1234
Penulis: Muhammad Arfan
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim

Viral Video Pria dan Wanita Caci Maki Polisi yang Sedang Tugas di Purwakarta, Lihat yang Terjadi

Berita Populer