Kanal

Dukung Penuh Pemindahan IKN, Gubernur Isran: Masyarakat Kaltim Sangat Happy

Gubernur Kaltim Isran Noor setia mendampingi Presiden Joko Widodo saat kunjungan ke lokasi rencana pembangunan ibu kota negara di Desa Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU. - HUMASPROV KALTIM

SAMARINDA - Gubernur Kaltim Isran Noor menegaskan masyarakat dan pemerintah daerah akan memberi dukungan penuh untuk rencana pembangunan ibu kota negara di Kaltim.

"Ibu kota ini adalah milik bangsa Indonesia, dan simbol kebanggaan bangsa. Jadi, masyarakat dan pemerintah daerah di Kaltim pasti memberi dukungan penuh," kata Isran setelah dua hari bersama Presiden Jokowi dalam kendaraan yang sama Indonesia 1. Presiden melakukan kunjungan dua hari ke Kaltim, tepatnya pada 17-18 Desember 2019.

Selain meninjau lokasi ibu kota baru, meresmikan jalan tol dan meresmikan Tempat Pemrosesan Akhir (TPA) Sampah Manggar di Balikpapan, Presiden Joko Widodo juga berpamitan dengan tokoh masyarakat Kaltim untuk melakukan permisi dan kulo nuwon, sebelum membangun ibu kota baru.

Menurut Gubernur Isran, masyarakat harus terlibat dan memahami rencana besar ini. Sebab bila sudah memahami, maka masyarakat pasti akan mudah memberi dukungan.

Saat ini lanjut mantan ketua Apkasi ini, masyarakat Kaltim sudah sangat happy. Baginya, kebahagiaan adalah modal utama.

"Kalau kebahagiaan itu ada, maka yang lain-lain pasti akan mudah mengikuti," tegas Isran meyakinkan.
Hingga kini, koordinasi terus dilakukan dengan daerah yang bersinggungan dengan rencana pemindahan ibu kota. Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara sebagai kabupaten yang lokasinya akan menjadi kawasan IKN, juga Samarinda dan Balikpapan sebagai dua kota penyangga.

"Untuk level provinsi sudah tidak ada masalah. Selebihnya, kami ikut rencana pusat," sambung Isran.
Soal lingkungan, Isran juga menegaskan pemindahan ibu kota akan diiringi dengan revitalisasi kawasan.

"Lingkungan adalah penting. Karena itu, pertama kita akan bangun kebun bibit, nursery seluas 100 hektar," tegas Gubernur Isran Noor melanjutkan pesan Presiden Joko Widodo. (hms/adv)

Editor: Achmad Bintoro

Viral Video Tenaga Medis Dilempari Batu saat Bawa Jenazah Pasien Covid-19: Jangan, Kita Juga Manusia

Berita Populer