Kanal

Jadi Mesin Penggerak Kaltara, Irianto Minta Perbankan Turut Tumbuhkan Ekonomi dan Investasi

SYUKURAN : Gubernur Kaltara, Dr H Irianto Lambrie saat menghadiri Syukuran Gedung dan Penyerahan CSR PT BPD Kaltim Kaltara, Jumat (20/12/2019). - HUMASPROV KALTARA

TANJUNG SELOR – Terhadap dunia perbankan di Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara), Gubernur Kaltara Dr H Irianto Lambrie menitipkan sejumlah pesan penting menghadapi gejolak perekonomian nasional dan dunia pada 2020.

Pesan pertama, Gubernur berharap perbankan mampu meningkatkan pertumbuhan perekonomian daerah. Hal ini juga akan memicu pertumbuhan dunia perbankan itu sendiri.

“Pertumbuhan ekonomi, merupakan akumulasi dari semua sektor kehidupan sosial masyarakat. Dari itu, dunia perbankan dan elemen terkait lainnya harus bekerja keras untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi,” kata Irianto saat menghadiri Syukuran Gedung dan Penyerahan CSR PT BPD Kaltim Kaltara di Jelarai, Tanjung Selor, Kabupaten Bulungan, Jumat (20/12) pagi.

Pesan kedua, terkait dengan perkembangan investasi. Menurut Irianto, pertumbuhan ekonomi dapat meningkat, salah satunya dipicu oleh realisasi investasi di daerah.

“Investasi, engine of growth. Investasi adalah mesin pertumbuhan. Dari itu, dunia perbankan juga pihak terkait lainnya harus mampu menciptakan suasana yang kondusif bagi masuknya investasi di Kaltara,” urai Gubernur.

Pertumbuhan ekonomi Kaltara sendiri, terus membaik dari waktu ke waktu. Bahkan, target pertumbuhannya terus ditingkatkan dari tahun ke tahun.

“Pada 2020, ditargetkan pertumbuhan ekonomi Kaltara mencapai 7 persen. Dari analisanya, sumbangsih pertumbuhan itu, akan sebagian besar dipicu investasi swasta. Lalu, investasi dari pemerintah, dan investasi dari masyarakat,” jelas Irianto.

Pesan ketiga, pentingnya tata kelola keuangan yang baik dan benar. Dibeberkan Gubernur, dengan tata kelola keuangan yang baik dan benar, Provinsi Kaltara akhirnya mampu berlari kencang sejak terbentuknya sektiar 7 tahun silam.

“Ini dibuktikan dengan berbagai indikator sosial dan ekonomi, termasuk beberapa penghargaan dari berbagai lembaga. Salah satunya dalam hal pengelolaan keuangan,” ulas Gubernur.

Berbagai prestasi dan capaian yang diraih Benuanta-sebutan Provinsi Kaltara, penting untuk meningkatkan daya saing Kaltara di level nasional juga internasional. “Daya saing menjadi hal penting saat ini. Utamanya di dunia global,” ungkap Gubernur.

Halaman
12
Editor: Achmad Bintoro

Oknum Polisi Diduga Cabuli Ibu Mertuanya, Pelaku Baru 6 Bulan Menikah dengan Anak Korban

Berita Populer