Kanal

Presiden Jokowi Tawarkan Investasi Ibu Kota Negara ke Abu Dhabi, Termasuk Proyek Kilang Balikpapan

DI IKN - Presiden Joko Widodo bersama beberapa menteri, Gubenut Kaltim dan Bupati Penajam Paser Utara mengunjungi Menara Sudarmono di kawasan Kelurahan Pemaluan, Sepaku, Penajam Paser Utara, Selasa (17/12/2019). - TribunKaltim.CO/Fachmi Rachman

TRIBUNKALTIM.CO, JAKARTA - Presiden Jokowi tawarkan investasi Ibu Kota Negara baru ke Abu Dhabi, termasuk kerjasama proyek Kilang Balikpapan.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak menuju Abu Dhabi, Uni Emirat Arab dalam rangka kunjungan resmi kenegaraan.

Dalam kunjungannya ini Jokowi akan "menjual" investasi Ibu Kota Negara (IKN) baru kepada negara-negara yang akan hadir di perhelatan Abu Dhabi Sustainability Week di UEA.

Menurut Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Presiden Jokowi akan menawarkan investasi pembangunan IKN baru karena dirancang dengan konsep energi hijau dan baru terbarukan.

Konsep tersebut sejalan dengan topik agenda acara yang akan diikuti Jokowi dan semangat negara-negara di dunia. Kebetulan, Jokowi akan jadi pembicara kunci dalam acara tersebut.

HUT Ke-63 Kaltim, Ketua DPRD Minta Pemerataan Pembangunan, Infrastruktur Tak Hanya Fokus ke IKN

Ibu Kota Negara Indonesia di Kaltim, 2 Kota Ini Sering Diincar Pengembang, Rumah Subsidi Banyak Laku

IKN di Kaltim, Pertumbuhan Penduduk Dikhawatirkan Tak Terkendali, Jokowi: Ini Tugas Provinsi & Kota

"Presiden ingin mengajak dunia internasional untuk menjadikan ibu kota baru sebagai satu showcase, contoh dunia mengenai sustainability city dengan berbagai aspek seperti yang Presiden katakan.

Misalnya zero emision, compact city. Presiden ingin menawarkan ibu kota negara baru sebagai visi Indonesia ke depan," kata Pratikno saat mengantar rombongan di Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Minggu (12/1).

Selain itu, mantan Gubernur DKI Jakarta itu juga akan mengenalkan sebuah paradigma baru dari ketahanan energi menjadi energi yang berkelanjutan bertajuk 'from energy security to sustainable energy'.

"Di Abu Dhabi Sustainability Week Presiden akan menyampaikan model pembangunan green but bright economic development.

Presiden juga akan mengenalkan sebuah paradigma baru dari ketahanan energi menjadi energi yang berkelanjutan, from energy security to sustainable energy," kata Pratikno.

Presiden Jokowi didampingi Gubernur Kaltim Isran Noor melayani awak media di Desa Pemaluan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten PPU, Selasa (17/12/2019). Desa ini disebut-sebut sebagai titik lokasi calon Ibu Kota Negara saat dipindahkan nanti dari Jakarta ke Kaltim. (HUMASPROV KALTIM/ISTIMEWA)

Halaman
123
Editor: Sumarsono
Sumber: Tribun Kaltim

Serempet 3 Pengendara di Jalan Pantai Kenjeran, Pengendara Mobil Digebuki Massa hingga Mobil Dibalik

Berita Populer