Kanal

1.189 Peserta Ikuti Tes CPNS Formasi Guru di Kukar, Bupati Berharap Putra Daerah Mampu Lolos

Bupati Kukar Edi Damansyah didampingi Sekda Kukar H Sunggono usai memberikan arahan kepada ribuan peserta tes CPNS di Lantai II Gedung Bappeda, Tenggarong (3/2/2020).

TENGGARONG - Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah berharap para putra-putri daerah yang mengikuti tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) lolos menjadi PNS.

“Ya, dari tes CPNS yang dilaksanakan di Kukar, saya berharap putra-putri daerah dapat bersaing dan lolos menjadi PNS, sehingga karirnya meningkat dan memberikan yang terbaik bagi daerah dan Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Edi Damansyah didampingi Sekda Kukar H Sunggono usai memberikan arahan kepada ribuan peserta tes CPNS di Lantai II Gedung Bappeda, Tenggarong (3/2/2020).

Menurut Edi Damansyah, pelaksanaan seleksi CPNS kali ini merupakan pertama kalinya dilaksanakan di Kukar menggunakan komputer dengan system Computer Assisted Test (CAT).

Dimana, Pemkab Kukar pada tahun 2018 telah mengusulkan kebutuhan formasi sebanyak 264 terdiri atas Formasi Guru, Sarjana Lingkup Urusan Kesehatan dan Pertanian serta Auditor dan Pranata Komputer/Programmer.

Namun karena beberapa pertimbangan dan dukungan data, maka yang dapat disetujui oleh Kementerian Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) hanya formasi guru sebanyak 95 orang. Persetujuan formasi tersebut didukung oleh Kementerian Pendidikan melalui Data Pokok Pendidikan (DAPODIK).

“Profesi guru adalah profesi yang sangat mulia dalam menghasilkan SDM yang handal. Untuk itu saya berpesan agar seleksi CPNS ini dimanfaatkan dengan sebagik-baiknya, menghasilkan guru yang mempunyai kompetensi yang dibutuhkan. SDM Aparatur Kukar harus profesional dan menguasai Ilmu Pengetahuan dan Teknologi beriman dan bertaqwa untuk menghadapi Revolusi Indistri 4.0 serba digital,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Jane AR Nazaruddin menyebutkan jumlah peserta yang mengikuti seleksi CPNS Tes Kompetensi Dasar (TKD) sebanyak 1.189 orang dari formasi guru yang disetujui 95 orang.

“Sebanyak 1.189 orang ikuti tes CPNS yang dibagai menjadi 4 sesi, masing-masing sesi diisi oleh 150 orang peserta, dimulai dari tanggal 3 s/d 4 Februari 2020. Bagi peserta yang dinyatakan lolos TKD akan dilanjutkan dengan seleksi kompetensi bidang yang dilaksanakan pada Maret 2020 mendatang,” kata Jane. (dokpim01)

Editor: Achmad Bintoro

VIRAL Video Tak Punya Uang Ayah Serahkan 2 Anaknya ke Petugas PSBB: Mau Beli Susu Duitnya Gak Ada

Berita Populer