Kanal

NEWS VIDEO Masuk Sangatta, Warga dari Luar Kota Dicek Suhu Tubuh

TRIBUNKALTIM.CO – Mulai hari ini, Jumat (27/3/2020), warga dari luar daerah yang akan masuk ke Sangatta, Kabupaten Kutai Timur diarahkan menuju posko antisipasi penyebaran covid 19. Posko tersebut berada di halaman kediaman pribadi Wakil Bupati Kutim, H Kasmidi Bulang ST MM di Jalan Poros Sangatta Bontang, Km 1,5 Kecamatan Sangatta Selatan.

 Di tempat itu, kendaraan roda empat dipersilakan masuk ke halaman belakang untuk parkir. Sementara kendaraan besar, bisa parkir di halaman depan. Kemudian sekeliling bagian kendaraan disemprot disinfektan oleh tim relawan. Sedangkan sopir dan penumpang, diminta turun untuk cuci tangan dan memeriksakan suhu tubuhnya. Dari situ, diarahkan lapor ke tim pendata dari Dinas Kesehatan maupun relawan organisasi kepemudaan.

“Kegiatan ini merupakan kerja bersama, Pemkab Kutai Timur dan tim gabungan dari TNI-Polri, Dinas Kesehatan, BPBD serta relawan dari organisasi kepemudaan. Mereka bersama-sama melakukan antisipasi penyebaran virus corona dengan melakukan pemeriksaan pada warga yang datang ke sangatta, meski warga tersebut berasal dari Sangatta juga. Tapi karena dari luar kota, kembali ke Sangatta, harus diperiksa dulu dan didata,” ungkap Wabup Kasmidi Bulang. 

Kegiatan ini melengkapi aksi kerja sosial sehari sebelumnya, dengan menyemprotkan disinfektan ke pemukiman warga di gang-gang di wilayah Sangatta Utara dan Sangatta Selatan, yang dirangkaikan juga dengan bagi-bagi vitamin dan masker  yang masih terus berlangsung.

“Jadi upaya pencegahan yang kita lakukan ada dua, satu membendung warga yang akan masuk ke Sangatta dengan mengecek suhu tubuh dan menyemprotkan disinfektan ke kendaraan mereka. Serta penyemprotan ke kawasan pemukiman sambil memberikan vitamin,” ujarnya. 

Ia berharap, dengan upaya-upaya tersebut, penyebaran covid 19 di wilayah Kutai Timur bisa ditekan atau bahkan meniadakan jumlah penderita maupun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pemantauan (ODP). “Sambil melakukan pendataan dan pemeriksaan, tim Dinkes Kutim juga selalu memberikan imbauan untuk pencegahan penularan virus corona, minimal pada diri sendiri. Serta menerapkan pola hidup sehat dalam keseharian,” kata Kasmidi.(*)

Editor: Faizal Amir
Sumber: Tribun Kaltim

Video Detik-detik Kades di Sulsel Dikeroyok dan Dihajar Warga, Polisi: Karena Dilarang Salat

Berita Populer