Kanal

Pandemi Corona di Kutim, Dinas Kesehatan Beri Instruksi, Awasi ODP Peserta Ijtima Dunia Cluster Gowa

Kepala Dinas Kesehatan Kutim, Bahrani mengatakan jika saat ini pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas yang berada di wilayah warga yang dinyatakan ODP

TRIBUNKALTIM.CO, SANGATTA - Semua jamaah tabliq yang mengikuti kegiatan di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan sudah dinyatakan Orang Dalam Pantauan ( ODP ) oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur ( Kutim ) Kalimantan Timur.

Kepala Dinas Kesehatan Kutim, Bahrani mengatakan jika saat ini pihaknya sudah menginstruksikan kepada seluruh puskesmas yang berada di wilayah warga yang dinyatakan ODP untuk selalu memantau kondisi dalam waktu 14 hari.

"kita share ke teman-teman puskesmas kan banyak yang di Kombeng, Bengalon, nah dipuskesmas daerah itu yang mantau mereka, sampai 14 hari kedepan," kata Bahrani kepada Tribunkaltim.co Selasa (31/3/2020).

Ia juga menginstruksikan bagi para ODP untuk mengisolasi diri. Semua data ODP dari cluster gowa sudah didata oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Kutim Kalimantan Timur.

BACA JUGA:

• BREAKING NEWS Satu Pasien Positif Covid-19 di Kota Balikpapan Meninggal Dunia, Ini Identitasnya

• Satu Pasien Positif Virus Covid-19 di Kota Balikpapan Meninggal Dunia, Begini Kronologinya

"kita instruksikan untuk mereka ( ODP ) mengisolasi diri jadi sudah didata, mereka dijadikan sebagai orang dalam pemantauan ( ODP )," katanya.

Ia juga mengatakan jika dalam pemantauan ODP oleh tim medis Puskesmas daerah itu terdapat gejala-gejala atau sejenisnya, kemudian tim akan mengarahkan langsung berobat ke fasilitas kesehatan.

"jika nanti jadi PDP kalau memang perlu ya dirujuk ke rumah sakit kudungga, tapi untuk sementara belum ada yang dirawat inap," ujar Bahrani.

BACA JUGA:

• Warga Banjarmasin Lewati Balikpapan, Usai Ikuti Ijtima Jamaah Tabliq di Gowa, Positif Virus Covid-19

• Masjid Al Ikhlas Balikpapan, Mulai 29 Maret Hentikan Ibadah Berjamaah Salat Lima Waktu dan Jumat

Sementara itu, Bahrani mengatakan jika Dinas Kesehatan sampai saat ini masih berupaya mencari info terkait warga yang ikut dalam Cluster Ijtima Dunia Gowa Sulawesi Selatan. Untuk sementara saat ini masih ada sekitar 60 orang yang terdata oleh Dinas Kesehatan

"Sekitar 60-an ya kemarin seluruh Kutai Timur, tapi masih kita cek lagi, itukan info yang kami dapat dari provinsi," ujarnya.

IKUTI >> Update Virus Corona

IKUTI >> Update Virus Corona di Kutim

(Tribunkaltim.co/Dian Sari)

Penulis: Dian Mulia Sari
Editor: Budi Susilo
Sumber: Tribun Kaltim

Anggota Polisi Ketahuan Keluar Tak Pakai Masker, Kapolda Jabar: Selesai Diperiksa, Saya Mutasi

Berita Populer