Kanal

NEWS VIDEO Sepi Penumpang di Bandara Kalimarau, Empat Maskapai Penerbangan Lakukan Cancel Flight

TRIBUNKALTIM.CO, TANJUNG REDEB- Pemerintah Kabupaten Berau, Kalimantan Timur resmi memberlakukan pembatasan di jalur perlintasan manusia, seperti bandara, pelabuhan dan jalur darat, Rabu (1/4/2020).

Langkah tersebut diambil Pemkab Berau sebagai upaya pencegahan Virus Corona atau covid-19 masuk di wilayah Bumi Batiwakkal, julukan Kabupaten Berau.

Dampak pembatasan ini nampak terlihat di Bandara Kalimarau, Berau. Biasanya, bandara yang terletak di  Kecamatan Tanjung Redeb itu selalu ramai, kini hanya sebagian orang yang terlihat.

Hanya nampak petugas kebersihan juga dan petugas bandara lalu lalang di bandara tersebut.

Kasi Teknik dan Operasi Bandara Kalimarau, Budi Surwanto mengatakan, penurunan jumlah penumpang di Bandara Kalimarau terjadi sejak isu wabah Virus Corona merebak di Indonesia.

"Terkait istilah pembatasan yang disampaikan oleh pemerintah daerah, yang dibatasin itu adalah yang sifatnya penerbangan niaga. Penerbangan niaga itu yang membawa penumpang dari luar daerah masuk ke kita itu sementara dibatasi hingga 14 April," kata Budi.

"Untuk penerbangan yang sifatnya pengangkutan kargo kemudian medical, dan sifatnya emergency masih dijalankan. Jadi kalau status kami, bandara saat ini tetap beroperasi seperti biasa, artinya petugas kami tetap standby di lapangan untuk menjalankan tugas dan fungsinya," jelasnya.

Dari lima operator penerbangan yang beroperasi di Bandara Kalimarau Berau, kata Budi, empat di antaranya sudah menyatakan cancel flight sampai dengan tanggal 14 April.

"Di antara yang telah menyatakan cencel flight adalah Garuda, Sriwijaya Air, Batik air dan Susi Air," imbuhnya.

• Cegah Virus Corona, Bandara Kalimarau Tutup Sementara, Warga Wajib Taati Anjuran Pemkab Berau

• Cegah Virus Corona, Dua Hari Kedepan Pemkab Berau Minta Penerbangan Kalimarau Distop Sampai 14 Hari

"Sementara untuk Wings Air sendiri kami masih menunggu perkembangan sampai hari ini karena belum ada kepastian dari manajemen Wing Air yang di Berau," tuturnya.

Sehingga maskapai Wings Air hingga hari ini masih melakukan aktivitas penerbangan di Bandara Kalimarau Berau.

Budi Surwanto menambahkan, pihak Wings Air juga telah melakukan pertemuan dengan pihak pemerintah daerah dalam pembahasan pembatasan untuk mengangkut penumpang.

IKUTI >> News Video

(*)

Penulis: Ikbal Nurkarim
Editor: Wahyu Triono
Sumber: Tribun Kaltim

Viral Foto Pria Bertato Peta Indonesia Turut Demo George Floyd: Saya Sakit Hati, dan Minta Maaf

Berita Populer