Kanal

Riset Risiko Tsunami Dekat Calon Ibu Kota Baru, Ahli: Tsunami Masa Lalu, Ada yang Belum Terungkap

Ilustrasi peta Kalimantan. Penelitian yang menyebutkan risiko tsunami di dekat wilayah calon ibu kota baru menjadi viral, menurut ahli, sejumlah tsunami masa lalu ada yang belum terungkap, begini analisa lengkapnya.

TRIBUNKALTIM.CO - Penelitian yang menyebutkan risiko tsunami di dekat wilayah calon ibu kota baru menjadi viral, menurut ahli, sejumlah tsunami masa lalu ada yang belum terungkap, begini analisa lengkapnya.

Penetikan yang digagas oleh sejumlah peneliti dari Inggris dan Indonesia yang dipublikasikan awal April 2020 menjadi viral lantaran membahas potensi risiko terjadinya tsunami di dekat wilayah yang menjadi calon ibu kota baru.

Menurut Ahli dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG ), sejumlah tsunami masa lalu memang ada yang belum terungkap penyebabnya, begini analisa lengkapnya.

Penelitian mengenai potensi risiko tsunami akibat longsoran dasar laut yang berdekatan dengan wilayah yang dipilih Pemerintah sebagai calon ibu kota baru, yakni Kalimantan Timur ini dituliskan dalam sebuah paper ilmiah.

Paper ilmiah yang berjudul "Indonesian Throughflow as a preconditioning mechanism for submarine landslides in the Makassar Strait" ini ditulis oleh Brackenridge dkk.

Paper tersebut kemudian dipublikasikan oleh Geological Society of London di jurnal Lyell Collection pada awal April 2020 lalu dan menjadi viral di Indonesia.

Ibu Kota Baru Tak Aman? Potensi Tsunami di Teluk Balikpapan, Peneliti Dapat Bukti di Selat Makassar

Penelitian Inggris Memperkirakan Adanya Potensi Tsunami Besar di Teluk Balikpapan

Soal Kelanjutan Pemindahan Ibu Kota, Luhut: Kami Belum Mau Mikir Itu, Presiden Fokus ke Covid-19

Semua CPNS Baru Wajib Tinggal di Ibu Kota Baru Kaltim, Intip Fasilitas Disiapkan, Jakarta Bisa Kalah

Berkaitan dengan riset tersebut, ahli gempa sekaligus Kepala Mitigasi Gempabumi dan Tsunami BMKG, Daryono, angkat bicara.

"Kami tentu mengapresiasi penelitian ini, karena selain memperkaya khasanah pengetahuan kita terkait bahaya sedimentasi dan longsoran di dasar laut, juga memberi petunjuk kepada kita adanya potensi bahaya tsunami akibat longsoran di dasar laut Selat Makassar," kata Daryono dalam keterangan resmi kepada Kompas.com, Senin (27/4/2020).

Daryono mengatakan, hasil kajian itu dapat membantu kita dalam mengestimasi tingkat bahaya tsunami yang mungkin terjadi, sehingga kita dapat menyiapkan strategi mitigasinya.

Menurut catatat sejarah gempa dan tsunami di Indonesia, ada beberapa kasus tsunami masa lalu yang hingga kini belum terungkap penyebabnya dan diduga tsunami ini berasosiasi dengan longsoran dasar laut, seperti:

Halaman
1234
Editor: Amalia Husnul Arofiati
Sumber: Kompas.com

Berita Populer