Kanal

Sudah Tervalidasi 140.669 Jiwa, Rusman: Bansos Dampak Corona Kaltim Cair Sebelum Lebaran

HEARING - Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusman Yaqub bersama dengan Pemprov Kaltim rapat mengenai rencana realisasi penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat yang terkena dampak Covid-19 belum lama ini. 

SAMARINDA - Realisasi pelaksanaan bantuan sosial masyarakat (BSM) dampak Covid-19 oleh Pemprov Kaltim dipastikan akan tersalurkan sebelum Hari Raya Idul Fitri mendatang. Demikian disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Rusaman Yaqub belum lama ini.

Dijelaskan dia, setelah melakukan rapat dengan Pemprov Kaltim melalui virtual beberapa waktu lalu, data yang terkena dampak covid-19 mencapai 150.523 jiwa.

"Setelah dilakukan verifikasi, ada sekitar 140.669 jiwa atau 96,3 persen yang sudah tervalidasi dan siap menerima bantuan," ujar Rusman, sapaan akrabnya.

Sementara itu, dana yang telah disiapkan Pemprov Kaltim untuk penanganan pandemi ini mencapai Rp 500 miliar. Dana tersebut terbagi dalam tiga bidang komponen, yakni bidang kesehatan, bidang penanganan dampak sosial, dan bidang pemulihan ekonomi.

"Masing-masing yang masuk dalam data mendapat bantuan sejumlah Rp 750.000. Jadi, total anggaran untuk BSM mencapai Rp 105,5 miliar. Ini penerima bantuan yang datanya telah divalidasi oleh Pemprov Kaltim," jelasnya.

Untuk pendistribusian lanjut dia, pemprov bekerjasama dengan Bank Kaltimtara dan BRI, dan data 140.669 jiwa segera mendapatkan bantuan sebelum hari raya melalui Bank yang mendistribusikan kepada penerima.

"Sistemnya nanti, diterbitkan ATM masal untuk si penerima bantuan. Dari data yang sudah terverifikasi by name, by addres, dan by NIK, itu lah yang akan mendapat rekening," beber politikus PPP ini.

Untuk yang belum tervalidasi lanjut dia, saat ini Diskominfo Kaltim masih melakukan verifikasi dan sinergitas data yang masuk. Data yang sudah clear yakni data dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan serta Dinas Pariwisata.

"ementara dari OPD lainnya masih dalam proses," sebutnya.

Secara umum kata Rusman, Dinas Sosial saat ini juga masih memverifikasi data yang masuk untuk disinergikan dengan penerima bantuan sosial yang berasal dari Pemerintah Provinsi Kaltim.

"Harapan kami, semoga pandemi ini segera berlalu. Sehingga, kondisi masyarakat kita kembali normal," pungkasnya. (adv/hms6)

Editor: Achmad Bintoro

Berita Populer