Kanal

Baznas Berau Salurkan Paket Sembako Anak Yatim, Wabup: Berbagi Itu Wujud Rasa Syukur

ANAK YATIM - Wakil Bupati Berau Agus Tamtomo memberikan paket sembako kepada anak yatim dan masyarakat kurang mampu di Kantor Baznas Berau, Selasa (19/5/2020). Ia didampingi Ketua Baznas Berau, Rajuddin Abdurrahman serta Kepala Kantor Kementerian Agama Berau, Sulaiman.

TANJUNG REDEB - Kelanjutan penyerahan 1500 paket Sembilan bahan pokok (Sembako) melalui program Kuatkan Mustahik Melawan Covid-19 kembali digelar di Kantor Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Berau, Selasa (19/5/2020).

Paket sembako diberikan kepada anak yatim dan masyarakat kurang mampu, yang secara simbolis diserahkan Wakil Bupati Berau, Agus Tantomo, didampingi Ketua Baznas Berau, Rajuddin Abdurrahman serta Kepala Kantor Kementerian Agama Berau, Sulaiman.

Dalam Sambutannya Wakil Bupati, Agus Tantomo mengucapkan terima kasih untuk kegiatan maupun program yang terus digelorakan Baznas, khususnya memberikan perhatian dan kepedulian kepada warga masyarakat yang kurang mampu, termasuk pula kepada anak-anak yatim piatu.

Menurutnya, ini momen yang sangat tepat, selain dalam menyambut hari kemenangan Umat Islam, juga bentuk perhatian dari masih mewabahnya virus corona.

“Apa yang sudah dilakukan baznas ini, tentu dapat jadi contoh bagi beberapa komunitas lain, untuk berbagi dan peduli kepada sesama,” katanya.

Dihadapan seluruh undangan, Wabup juga menyampaikan kiat dan cerita bahwa berbagi tidak akan pernah membuat kita jatuh miskin.

Cerita ini ia sampaikan, karena masih banyak sekali orang yang menganggap bahwa memberi dan berbagi itu merugikan, atau tidak mau peduli dengan orang lain butuhkan. Padahal sejatinya kita akan sadar bahwa kita berguna bagi orang lain, dan jauh mengerti arti apa itu bersyukur.

“Harapan saya cerita dan kiat ini dapat membangun arti sebuah kepedulian untuk sesama, terutama membantu masyarakat ditengah pandemi saat ini,” jelasnya.

Sementara itu Ketua Baznas Radjuddin Abdurahman mengungkapkan, hari ini yang kita sasar penerima bantuan anak yatim piatu yang sudah kita inventarisir dan dibina di MIN Tanjung Redeb. Nanti apabila ada pesantren atau sekolah yang membina kelompok anak yatim ini dapat melaporkan ke kami, agar mereka juga bisa mendapatkan bantuan yang sama.

“Sementara ini memang dilingkungan MIN dulu karena ini sifatnya mendadak, silahkan lapor ke Banzas ketika memang ada pembinaan kelompok lain, dan secepatnya kita akan bantu juga,”ungkapnya.

Ditambahkannya, distribusi paket sembako prosentase penyalurannya mencapai 60 persen dari 1.500 paket yang disediakan. Dalam beberapa hari kedepan, penyaluran akan dikebut, agar penerima manfaat yang sudah terdata di Baznas dapat menerima secara keseluruhan dan meringankan beban mereka.

Selain itu ditempat yang sama juga diserahkan secara simbolis penyaluran zakat infaq dan sedaqah dari keluarga besar Kantor Kementerian Agama Kabupaten Berau dengan total Rp 193.879.800. zakat secara simbolis diserahkan kepala Kantor Kementerian Agama, Sulaiman kepada Ketua Baznas disaksikanWakil Bupati Berau, Agus Tantomo.

Penyerahan paket sembako Ramadan ini juga turut dihadiri Camat Tanjung Redeb Syahrani, Camat Gunung Tabur Anang Saprani, Kabag Hukum Setda Berau Jaka Siswanta, Serta Sekretaris Dinas Sosial Berau, Endin Supandi. (adv/hms4)

Editor: Achmad Bintoro

Berita Populer