Berita DPRD Kalimantan Timur

Rabu Ini, Pansus LKPj Gubernur Kaltim Sampaikan Rekomendasi

Martinus, Wakil Ketua Pansus LKPj Gubernur Kaltim 2019.

SAMARINDA - Berdasarkan agenda kegiatan yang telah disusun Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Kaltim, pansus pembahas LKPj Gubernur Kaltim Tahun 2019 akan menyampaikan rekomendasi dalam rapat paripurna hari ini, Rabu (17/6/2020).

Ketua Pansus LKPJ Andi Harahap mengatakan, rekomendasi yang bakal disampaikan berdasarkan hasil peninjauan lapangan oleh pansus terhadap LKPJ Gubernur Kaltim tahun 2019.

"Secara umum tidak ada masalah dengan laporan yang telah disampaikan. Hanya saja, ada beberapa rekomendasi yang harus kita sampaikan," ujarnya.

Andi Harahap, Ketua Pansus LKPj Gubernur Kaltim (HUMAS DPRD KALTIM)

Lebih lanjut disampaikannya, Pansus LKPj telah melakukan peninjauan lapangan belum lama ini. Peninjauan tersebut guna sinkronisasi program pemerintah sesuai dengan visi dan misi Gubernur Kaltim.

"Intinya, kami mau mendapat informasi langsung realisasi program-program pemerintah. Mana yang sudah tercapai, dan mana yang belum," ujar Andi Harahap.

Ada beberapa hal yang menjadi catatan pansus untuk disampaikan kepada eksekutif, dalam bentuk tanggapan dan saran yang konstruktif.

"Apa yang kami sampaikan nantinya diharapkan menjadi perhatian. Karena rekomendasi yang kita berikan merupakan tanggapan dan saran yang konstruktif, maupun yang objektif untuk perbaikan pada masa yang akan datang," jelas Politisi Golkar ini.

Meski terdapat sejumlah catatan strategis, masukan, dan koreksi terhadap penyelenggaraan pemerintahan, pansus tetap menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Pemprov Kaltim selama ini.

"Berbagai prestasi dan peningkatan kinerja yang telah dicapai selama ini perlu dipertahankan, dan ke depan perlu ditingkatkan lagi. Segala kekurangan kiranya perlu dilakukan perubahan untuk perbaikan ke depan," bebernya.

Senada dengan Ketua Pansus LKPj, Wakil Ketua Pansus LKPj Martinus mengaku, tanggapan atau rekomendasi yang disampaikan DPRD Kaltim melalui Pansus LKPj bukanlah untuk menyikapi sisi negatif dan kelemahan eksekutif.

"Rekomendasi ini merupakan rasa tanggung jawab kami dalam menjalankan fungsi kontrol sosial dan saran konstruktif, dalam konteks penyempurnaan dan perbaikan guna keberhasilan penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, serta peningkatan pelayanan masyarakat," tambahnya. (advertorial/hms6)

Editor: Achmad Bintoro

Berita Populer