Masuk Zona Kuning, Empat Daerah di Kaltim Diizinkan Pembelajaran Tatap Muka, Ini Daftarnya

ILUSTRASI - Siswa sekolah dasar negeri 002 Ranai melakukan aktivitas belajar menggunakan masker di Kabupaten Natuna, Kepulauan Riau, Indonesia, Selasa (4/2/2020). Proses belajar mengajar kembali berlangsung setelah sebelumnya sempat akan diliburkan selama 14 hari terkait lokasi observasi WNI dari Wuhan, China yang berada di Natuna.

TRIBUNKALTIM.CO-Sebanyak 163 kabupaten/kota di Indonesia diizinkan untuk melakukan pembelajaran tatap muka.

Hal ini diberikan karena wilayah mereka masuk dalam zona kuning atau risiko rendah Virus Corona atau covid-19. 

"Per tanggal 2 Agustus 2020, maka ada 163 zona kuning yang kiranya nanti ini akan bisa dilakukan kegiatan belajar tatap muka," kata Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Doni Monardo dalam webinar yang diselenggarakan Kemendikbud, Jumat (7/8/2020).

Kendati demikian, sekolah-sekolah yang berada di zona kuning, dikatakan Doni, sebaiknya melakukan simulasi sebelum memulai proses belajar secara tatap muka.

Baca Juga:Ketua DPRD Magetan Kagum, Indriana Tetap Sekolah Dalam Keterbatasan, Tinggal di Bekas Kandang Ayam

Baca Juga:Kisah Indriana, Siswi SMK Tinggal di Bekas Kandang Ayam, Kebal Diolok-olok, Tetap Semangat Sekolah

"Kita sudah melihat daerah-daerah yang memulai ternyata tidak mudah juga. Ada sekelompok orang tua murid yang ternyata juga belum mengizinkan anaknya untuk mengikuti kegiatan belajar tatap muka, walaupun sebagian dari orang tua murid mengharapkan kegiatan belajar tatap muka ini bisa berlangsung dengan baik," kata Doni.

Adapun Doni mengatakan keputusan final terkait pembukaan sekolah untuk dimulai proses belajar-mengajar secara tatap muka akan diambil oleh kepala pemda masing-masing.

"Para bupati, para wali kota, dan juga gubernur, karena para pejabat itulah yang paling tahu situasi di daerah masing-masing," lanjut Doni.

Pemda setempat pun, menurut Doni, harus berperan aktif dalam hal fasilitator terkait pencegahan penularan Covid-19.

Halaman
1234

Berita Populer