FX Hadi Rudyatmo Ketua PDI-P Solo Nilai Kampanye Pilkada 2020 Hemat Biaya, Prediksi Gibran 92 Persen

Ketua DPC PDI-P Solo, FX Hadi Rudyatmo.

TRIBUNKALTIM.CO, SOLO - Biaya kampanye pada pilkada serentak 2020 dinilai lebih hemat dibanding pemilu-pemilu sebelumnya. Pasalnya pemilu dilaksanakan di tengah pandemi covid-19, yang membatasi jumlah massa.

Ketua DPC PDI-P Solo FX Hadi Rudyatmo menilai, kampanye pada Pilkada Serentak 2020 lebih hemat biaya jika dibandingkan dengan pemilu sebelumnya.

Hal tersebut karena momentum pesta demokrasi lima tahunan ini dihelat di tengah pandemi Covid-19.

Kampanye pasangan calon yang biasanya dihadiri oleh ribuan massa pendukung, kali ini jumlahnya dibatasi.

Pembatasan ini untuk menghindari kerumunan massa pendukung. "Pemilu paling irit biaya ini," kata Rudy di Solo, Jawa Tengah, Rabu (23/9/2020).

Rudy mengatakan, seandainya pembatasan kampanye pasangan calon kepala daerah diterapkan pada penyelanggaraan pemilu yang akan datang justru lebih baik.

Baca juga; Akhirnya Megawati dan Puan Maharani Turun Langsung ke Pilkada Solo, Jadi Jurkam Putra Presiden

Baca juga; Dewan Riset Daerah Kukar Rekomendasikan Beberapa Hal di Kukar, Seperti Pemindahan Ibu Kota Negara

"Kalau itu diberlakukan selamanya, ya lebih baik," ungkap dia. Disinggung berapa persen pengehamatan biaya kampanye di tengah pandemi Covid-19, Rudy tidak menjelaskan secara rinci.

"Hemat biayanya banyak. Untuk sewa sound system sekarang tidak banyak. Karena tidak mengundang massa," jelas dia.

Meski demikian, jelas Rudy, silaturahmi kepada tokoh masyarakat terus dijalankan untuk memenangkan pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Solo Gibran Rakabuming Raka - Teguh Prakosa.

Rudy menargetkan perolehan suara Pilkada Solo 2020 sebesar 92 persen. Target ini ditetapkan dengan mempertimbangkan keberadaan partai pendukung.

"Targetnya PDI-P dapat 62 persen, Golkar 10 persen, PAN 10 persen dan Gerindra 10 persen kan 92 persen itu riil. Kalau mau kerja semua," terang Rudy.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ketua PDI-P Solo Nilai Kampanye Pilkada 2020 Lebih Irit Biaya karena Covid-19"

Berita Populer