Virus Corona di Samarinda

Kisah Kampung Tangguh Covid-19 Samarinda, RT 82 Memilih Tanam Pepaya Jenis California

Suasana swafoto bersama warga dengan Walikota Samarinda Rusmadi, dalam penanaman 1000 pohon pepaya jenis California dilakukan oleh warga RT 82 Kelurahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Senin (7/4/2021).

TRIBUNKALTIM.CO, SAMARINDA - Telah dilakukan penanaman 1000 pohon pepaya jenis California dilakukan oleh warga RT 82 Kelurahan Loa Bakung Kecamatan Sungai Kunjang, Kota Samarinda, Provinsi Kalimantan Timur pada Senin (7/4/2021).

Diketahui bahwa penanaman tersebut merupakan bagian dari kegiatan masyarakat RT 82, dalam melakukan program Kampung Tangguh Covid-19.

Ketua RT 82 Muhammad Fahid Zainal menuturkan, dipilihnya buah pepaya sebagai komiditas, lantaran pepaya merupakan buah yang secara pemeliharaan tergolong mudah.

Baca juga: Musrenbang RKPD 2022, Bupati Berau Targetkan Fokus Penanganan Covid-19 dan Ekonomi Warga

Baca juga: Vaksinasi Covid-19 Massal di GOR Sempaja Samarinda, Wagub Hadi Mulyadi Berpesan Gaya Hidup Sehat

"Selain mudah dalam perawatan, bibit buah ini sangat mudah didapat, dan juga harganya lumayan di banding komiditas buah yang lain," ujarnya kepada awak media.

Ia menambahkan memilih pepaya berjenis California, dituturkannya juga dengan jenis tersebut, secara perawatannya juga mudah.

"Berdasarkan dari warga kalau yang paling mudah itu, sementara ini pepaya Califirnia," ungkapnya.

Kendati demikian, dalam perawatannya Zainal menuturkan akan mengajak warga untuk bersama - sama dalam berpartisipasi mengelola, terkhusus bagi warga yang kurang mampu.

Lalu nantinya ketika sudah tiba waktu panennya. Maka akan dilakukan bagi hasil dengan warga yang kurang mampu tersebut.

Baca juga: NEWS VIDEO Mulai Bulan Ramadan, Arab Saudi Beri Izin Umrah untuk Jemaah yang Sudah Divaksin Covid-19

"Kita bagi hasil 30 persen untuk kepengelola, 40 persen ke kas, dan sisanya kita gunakan untuk kegiatan sosial kampung," terangnya.

Zainal menuturkan ke depannya nanti pihaknya akan melakukan penambahan komoditas buah-buahan lainya, dengan menggunakan lahan yang tersedia.

Baca juga: NEWS VIDEO Tinjau Vaksinasi Covid-19, Nadiem Makarim Apresiasi Guru Jadi Prioritas di Balikpapan

Halaman
123

Berita Populer