Berita DPRD Kalimantan Timur

Kendalikan Laju Perkembangan Covid-19, Sigit: Pantau Terus Arus Pascamudik

Editor: Diah Anggraeni
Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo.

TRIBUNKALTIM.CO - Wakil Ketua DPRD Kaltim Sigit Wibowo menyampaikan pernyataan terkait perkembangan Covid-19 pasca arus balik mudik, serta kenaikan mobilitas masyarakat yang signifikan di tempat wisata.

Sigit menjelaskan, pasca arus mudik di Kaltim harus tetap dipantau. Pemerintah perlu terus mengendalikan laju perkembangan Covid-19 dan tidak hentinya menegaskan kepada masyarakat agar terus menaati protokol kesehatan.

"Dalam pascamudik ini kita akan terus pantau dan melakukan tracing, bila ditemukan ada yang positif segera ditindaklanjuti. Langkah tersebut guna menghentikan Covid-19 dan masyarakat harus taat prokes," katanya.

Baca juga: Seno Aji Sosialisasi Perda Pajak Daerah, Masyarakat Minta Bapenda Lakukan Terobosan soal Jatuh Tempo

Menurutnya, langkah antisipasi perlu dilakukan pemerintah guna mencegah pemudik ataupun pendatang dari luar Kaltim yang terindikasi atau terpapar Covid-19.

"Para pemudik perlu dites, siapa tahu ada yang sakit. Perlu disiapkan fasilitas untuk karantina jika terdeteksi positif," ujar politisi PAN ini.

Baca juga: Pansus Propemperda Konsultasi ke Kemendagri, Jahidin: Draf Telah Sesuai, Tidak Ada Perubahan Pasal

Dikatakannya, tindakan pemerintah melakukan pengetatan sejak 6 Mei dan berlanjut antisipasi arus balik, tidak lain sebagai bentuk konsistensi dan penegakan aturan yang dilaksanakan selama ini.

"Tindakan ini dilakukan tidak lain untuk menjamin sekaligus melindungi keselamatan masyarakat dari virus, dan saya berharap pemudik ketika dicek kesehatannya bisa kooperatif," pungkasnya. (adv/hms8)